PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT DAARUSSALAM KEPATIHAN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD NUR HIDAYAT, 3217103057 (2018) PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT DAARUSSALAM KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung“ ditulis oleh Muhammad Nur Hidayat , NIM 3217103057, dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati, S.Pd, M.M Kata Kunci: Metode, TPS, motivasi, hasil belajar, IPA Penelitian dilatar belakangi oleh beberapa kendala yang berasal dari diri peserta didik pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kendala tersebut antara lain (1) memiliki kesulitan memahami materi (2) kurang antusiasnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi Gaya peserta didik kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPA materi Gaya peserta didik kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung setelah diterapkan metode Think Pair Share? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi Gaya peserta didik kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung setelah diterapkan metode Think Pair Share? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendiskripsikan Penerapan Metode Think Pair and Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya Peserta Didik Kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung. 2) Untuk Mendiskripsikan Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya Peserta Didik Kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung setelah diterapkan Metode Think Pair and Share (TPS). 3) Untuk Mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya Peserta Didik Kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung setelah diterapkan Metode Think Pair and Share (TPS) . Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan mencakaup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mewujudkan bahwa: (1) proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode think pair share (tps) dengan langkah pembentukan kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 2 siswa diacak secara heterogen, memahami lembar kerja (think), berpasangan bekerjasama sesuai lembar kerja (pair) , melaporkan hasil kerja (share), (2) dengan penerapan metode tersebut hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya dengan nilai KKM 75. Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan pre tes, pos test siklus I, pos tes siklus II, dan angket siklus I/II. Peningkatan motivasi siswa terlihat pada ke delapan indikator dalam angket yaitu: (Tekun menghadapi tugas, Ulet menghadapi kesulitan, Memiliki minat terhadap pelajaran, Lebih senang bekerja mandiri, Cepat bosan pada tugas-tugas rutin, Dapat mempertahankan pendapatnya, Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini). Motivasi peserta didik dilihat dari hasil angket motivasi peserta didik yakni pada siklus I sebesar 76,81% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,55%. Dengan demikian secara keseluruhan motivasi peserta didik mengalami peningkatan sebesar 6,74%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari cukup tinggi menjadi tinggi. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada hasil pre tes, pos tes siklus I, dan pos tes siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pre tes diperoleh rata-rata sebesar 63,23 dengan presentase ketuntasan belajar 35,29. sedangkan pada pos tes siklus I diperoleh rata-rata sebesar 75,88 dengan presentase ketuntasan belajar 64,71%, setelah mendapatkan perlakuan atau tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,11 dengan presentase ketuntasan belajar 94,11%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I ke II sebesar 29,4 % hasil tersebut telah mencapai target awal bahwa pembelajaran dengan metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDIT Daarussalam Kepatihan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217103057 MUHAMMAD NUR HIDAYAT
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:43
Last Modified: 02 Mar 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7275

Actions (login required)

View Item View Item