PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG

A’ANTI NURUL ‘AINI, 2817133001 (2018) PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh A’anti Nurul ‘Aini, NIM. 2817133001, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Hj Elfi Mu’awanah,S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Think Pair and Share, Akidah Akhlak, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan permasalahan dalam pembelajaran Akidah Akhlak yaitu rendahnya hasil belajar. Hal ini tampak ketika pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung, banyak peserta didik yang sibuk ngobrol sendiri ketika guru menjelaskan materi. Ketika guru memberikan pertanyaan, peserta didik tidak bisa menjawab. Ada juga peserta didik yang asyik bermain, bahkan ketika ditinggal keluar sebentar oleh guru, banyak peserta didik yang keluar masuk kelas dan membuat gaduh. Akibatnya hasil belajar peserta didik kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Think Pair and Share yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kreatifitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak materi Indahnya Al-Asma Al-Husna’ melalui penerapan model Think Pair and Share kelas IV MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan Hasil Belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak materi Indahnya Al-Asma Al-Husna melalui penerapan model Think Pair and Share kelas IV MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan peningkatan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak materi Indahnya Al-Asma Al-Husna melalui penerapan model Think Pair and Share kelas IV MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 75. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka telah terjadi peningkatan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya model Think Pair and Share.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133001 A’ANTI NURUL ‘AINI
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:15
Last Modified: 15 Feb 2018 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item