PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, SUPERVISI DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MTsN SE KABUPATEN TRENGGALEK

AHMAD FATHONI, 1751154003 (2018) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, SUPERVISI DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MTsN SE KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Pengaruh gaya Kepemimpinan, Supervisi, dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru di MTsN Se Kabupaten Trenggalek” ini di tulis oleh Ahmad Fathoni, Nim. 1751154003. Dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh M,Pd. Dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Supervisi, Motivasi Kerja, Profesionalisme Guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh gaya kepemimpinan. Elemen terpenting dalam mewujudkan kemajuan pendidikan di lingkungan sekolah adalah kepala sekolah. Di mana keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan keberhasilan kepala sekolah dalam memainkan peranannya pada sisi manajerial. Kepala sekolah yang berhasil adalah apabila mampu memahami keberadaan sekolah sabagai organisasi yang komplek dan unik serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah. Selanjutnya elemen yang sangat penting lagi dalam pendidikan adalah guru. Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Sehingga dengan adanya gaya kepemimpinan dari kepala sekolah guru, supervisi dan motivasi Kerja seorang guru akan menjadi tenaga pendidik yang profesional. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah Terhadap profesionalisme guru di MTsN Se kabupaten Trenggalek? (2) Bagaiamana pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MTsN Se kabupaten Trenngalek? (3) Bagaimana Pengaruh motivasi kerja kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di MTsN Se kabupaten Trenngalek? (4) Bagaiamana pengaruh gaya kepemimpinan, supervisi, dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MTsN Se Kabupaten Trenggalek Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di MTsN Sekabupaten Trenggalek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 Guru. Metode pengumpulan data berupa angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap profesionalisme guru di MTsN Se-Kabupeten Trenggalek sebesar 40%. Nilai signifikansi untuk variabel gaya kepemimpinan adalah 0.003 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05 (0,003 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi terhadap profesionalisme guru di MTsN Se-Kabupeten Trenggalek sebesar 52%. signifikansi untuk variabel supervisi adalah 0.003 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05) (3) Terdapat pengaruh yang positf dan siqnifikansi antara motivasi kerja kepala sekolah profesionalisme guru di MTsN Sekabuapten Trenggalek sebesar 51%. Nilai signifikansi untuk variabel supervisi adalah 0.003 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). (4) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan memberikan kontribusi sebesar 40% terhadap profesionalisme guru, supervisi memberikan kontribusi 52% terhadap profesionalisme guru dan motivasi kerja kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 51% terhadap profesionalisme guru. tampak nilai r lebih kecil dari pada tingkat yang digunakan yaitu 0,000 atau 0,000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Sy. AHMAD FATHONI SUGIMIN
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:49
Last Modified: 01 Feb 2018 04:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7214

Actions (login required)

View Item View Item