PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII MTs DARUSSALAM NGENTRONG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

BAREP ANDIKA SUPRIADI, 2814133225 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII MTs DARUSSALAM NGENTRONG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Problem Possing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas Vii MTs Darussalam Ngentrong Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini ditulis oleh Barep Andika Supriadi, NIM 2814133225,pembimbing Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: problem possing , motivasi belajar, dan hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi berbagai permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika, antara lain: (1).Siswa dianggap sebagai penerima pasif informasi. Mereka datang, duduk manis, dan mendengarkan guru menyampaikan informasi.(2).Guru adalah sumber pengetahuan. Para murid dianggap sebagai kertas kosong yang siap untuk ditulisi. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem possing terhadap motivasi belajar,hasil belajar serta kedua-duanya pada materi bangun datar siswa kelas VII MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darussalam Ngentrong Tulungagung yang berjumlah 72 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1)dokumentasi; 2) observasi; 3) tes; 4) angket. Hasil penelitian menunjukkan, (1) ada pengaruh pembelajaran Problem Possing materi bangun datar terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Ngentrong Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunujukkan oleh nilai t hitung = 2,219, sedangkan t tabel pada taraf sigifikansi 5% adalah 2,009. Karena t hitung > t tabel, maka H0 ditolak. (2) ada pengaruh pembelajaran Problem Possing materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Ngentrong Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunujukkan oleh nilai t hitung = 2,133, sedangkan t tabel pada taraf sigifikansi 5% adalah 2,009. Karena t hitung > t tabel, maka H0 ditolak. Karena t hitung > t tabel, maka H0 ditolak.(3) ada pengaruh pembelajaran Problem Possing materi bangun datar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Ngentrong Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.. Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji MANOVA nilai f hitung = 3,798, sedangkan f tabel pada taraf sigifikansi 5% adalah 3,186, dan karena f hitung > f tabel,maka H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: spd 2814133225 BAREP ANDIKA SUPRIADI
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:30
Last Modified: 29 Jan 2018 08:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7195

Actions (login required)

View Item View Item