PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV-A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

RENI KUSUMAWATI, 2817133149 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV-A MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Peserta Didik Kelas IV-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Reni Kusumawati, NIM. 2817133149, Pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang terjadi saat ini. Di mana pendidikan mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa pendidikan suatu proses pembelajaran akan sangat sulit diwujudkan. Hal ini sangat rentang terjadi pada peserta didik. Peserta didik masih sangat kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Seperti halnya pada mata pelajaran Al-Quran Hadist yang mana hasil belajarnya relative rendah, kondisi tersebut disebabkan oleh: (1) Anggapan peserta didik bahwa pelajaran Al-Quran Hadits masih sangat sulit karena berosientasi pada hafalan surat dan hadist, (2) penggunaan model pembelajaran yang masih sangat melekat dengan cerama membuat peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi surat Al-Adiyat peserta didik kelas IV-A MIN Mergayu bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi surat Al-Adiyat melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas IV-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi surat Al-Adiyat peserta didik kelas IV-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi surat AlAdiyat melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas IV-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Tagart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelakksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A MIN Mergayu bandung Tulungagung yang berjumlah 25 peserta didik. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila menguasai materi peserta didik mencapai 75% dengan criteria ketuntasan minimum 75. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi surat Al-Adiyat menunjukkan adanya peningkatan. Dapat dibuktikan dengan tingkat keberhasilan tindakan pada siklus I dari peneliti sebesar 81,81 % (Baik) dan peserta didik sebesar 85,45 % (Baik) terjadi peningkatan pada siklus II dari peneliti sebesar 93,63 % (Sangat Baik) dan peserta didik sebesar 95,45 % (Sangat Baik). Selain itu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari awal tindakan sampai siklus II yaitu prosentase ketuntasan tes awal (Pre Test) yaitu 8% dan prosentase ketuntasan pada Post Test Siklus I adalah 48 % meningkat menjadi 96 % pada Post Test Siklus II. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar AlQuran Hadits peserta didik Kelas IV-A MIN Mergayu Bandung Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133149 RENI KUSUMAWATI
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:36
Last Modified: 29 Jan 2018 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7182

Actions (login required)

View Item View Item