PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

GARDINA ELSA SANTIKA, 2817133058 (2018) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Gardina Elsa Santika dibimbing Dr. Chusnul Chotimah M.Ag Kata Kunci: Kecerdasan Logis, Minat, dan Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan. Manusia dianugerahi kecerdasan yang bermacam-macam oleh Allah SWT. Menurut Howard Gardner ada delapan macam kecerdasan, salah satunya adalah kecerdasan logis. Kecerdasan logis-matematis berkaitan dengan nalar logika dan matematika sehingga akan memberikan pengaruh kualitas dan hasil belajar matematika yang diraih di sekolah. Selain faktor kecerdasan, faktor kepribadian diri individu juga turut andil dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik seperti minat dalam belajar. Minat merupakan kecenderungan seseorang terhadap obyek atau sesuatu kegiatan yang digemari dan disertai dengan perasaan senang, adanya perhatian dan keaktifan berbuat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbegempol Tulungagung? 2) Adakah pengaruh minat terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbegempol Tulungagung? 3) Adakah pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat terhadap prestasi belajar matematika peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbegempol Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, terdapat variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (variabel yang dipengaruhi). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 207 peserta didik dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel kelas III sebanyak 35 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan tahun ajaran 2016/2017 dan dokumen hasil ujian tengah semester genap dengan Metode pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 16,888 dan Ftabel = 4,14 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan. 2) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 14,539 dan Ftabel = 4,14 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan. 3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 12,111 dan Ftabel = 3,29 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dan minat terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan. tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133058 GARDINA ELSA SANTIKA
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:04
Last Modified: 26 Sep 2018 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7178

Actions (login required)

View Item View Item