PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V-B MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

IMAM BAHRUDIN, 2817133071 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V-B MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas V-B MIN Mergayu Bandung Tulungagung” Ditulis oleh Imam Bahrudin, NIM : 2817133071, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Take and Give, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar di MIN Mergayu Bandung Tulungagung selama ini kebanyakan masih menggunakan metode ceramah disertai pembagian tugas dan latihan, dimana saat proses pembelajaran berlangsung guru cenderung lebih aktif dan peserta didik hanya pasif. Akibatnya hasil belajar kurang baik. Berangkat dari permasalahan itulah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada kelas V-B di MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi pada mata pelajaran SKI materi Keperwiraan Nabi Muhammad dalam perang Uhud melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give peserta didik kelas V-B MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi Keperwiraan Nabi Muhammad dalam perang Uhud melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give peserta didik kelas V-B MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi dan subyek penelitian berada pada kelas V-B di MIN Mergayu Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, paparan data serta penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 75. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik telah meningkat. (1) Peningkatan motivasi belajar dapat dibuktikan dengan hasil angket motivasi belajar dari sebelum diberikan tindakan yaitu 61,8 (70,22%) naik menjadi 72,64 (82,54%) pada akhir siklus II. (2) peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 63,36 dengan persentase ketuntasan belajar 44%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 85,6 dengan persentase ketuntasan 88%. Data tersebut membuktikan, bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133071 IMAM BAHRUDIN
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:33
Last Modified: 23 Jan 2018 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item View Item