PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL EKSPOSITORY DAN METODE DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

INDAH DIAN NOVITASARI, 2817133073 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL EKSPOSITORY DAN METODE DRILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Ekspository Dan Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Mi Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” Ini Ditulis Oleh Indah Dian Novitasari, Nim. 2817133073, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Iain Tulungagung, Yang Dibimbing Oleh Bapak Dr. Ahmad Tanzeh , M.Pd.I Kata Kunci : Ekspository, Metode Drill, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti ingin mengetahui sejauh mana prestasi peserta didik dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadits menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe Ekspository Dan metode Drill di MI Miftahul Ulum Plosorejo. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Ekspository terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Apakah ada pengaruh Metode Drill terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Ekspository dan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Ekspository terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh Metode Drill terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Ekspository dan Metode Drill terhadap Prestasi Belajar peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadits MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 peserta didik dan peserta didik sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang sifnifikan antara pembelajaran Ekspository terhadap prestasi belajar siswa kelas III di Mi Miftahul Ulum Plosorejo yang ditunjukan dari Thitung > T table (0,536 > 0,265). Nilai signifikansi t untuk variabel Ekspository adalah 0, 594 Dan nilai tersebut lebih besar dari pada probability 0.05 (0,594 > 0,05). Sehingga dalam pengujian in menunjukkan bahwa H0 diterima Dan Ha ditolak. Hal in berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif Dan signifikan antara pembelajaran Ekspository terhadap prestasi belajar kelas III di MI Miftahul Ulum Plosorejo. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa uji hipotesis ditolak Dan ditemukan data berdasarkan wawancara dare para responden diantaranya: Data diperoleh dari wawancara guru di MI Miftahul Ulum Plosorejo. Adanya peserta didik yang kurang begitu semangat dalam mengerjakan tugas kelompok. Tidak adanya interaksi Tanya jawab antara guru Dan peserta didik secara baik Kurang adanya kreativitas guru, terlalu monoton metode yang digunakan Kesadaran siswa sangat kurang dalam kerjasama Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang sifnifikan antara Metode Drill terhadap prestasi belajar siswa kelas III di Mi Miftahul Ulum Plosorejo yang ditunjukan dari Thitung > T table (0,490 > 0,265). Nilai signifikansi t untuk variabel Metode Drill adalah 0, 626 Dan nilai tersebut lebih besar dari pada probability 0.05 (0,626 > 0,05). Sehingga dalam pengujian in menunjukkan bahwa H0 diterima Dan Ha ditolak. Hal in berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif Dan signifikan antara Metode Drill terhadap prestasi belajar kelas III di MI Miftahul Ulum Plosorejo. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa uji hipotesis ditolak Dan ditemukan data berdasarkan wawancara dari para responden diantaranya: Data diperoleh dari wawancara guru di MI Miftahul Ulum Plosorejo kurangnya antusias siswa, siswa sering mengalami kebosanan, dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang sifnifikan antara pembelajaran Ekspository dan Metode Drill terhadap prestasi belajar siswa kelas III di Mi Miftahul Ulum Plosorejo yang ditunjukan dari Fhitung < F table (0,148 < 4,20). Nilai signifikansi t untuk variabel Prestasi Belajar adalah 0, 863 Dan nilai tersebut lebih besar dari pada probability 0.05 (0,863 > 0,05). Sehingga dalam pengujian in menunjukkan bahwa H0 diterima Dan Ha ditolak. Hal in berarti bahwa tidak ada pengaruh yang positif Dan signifikan antara pembelajaran Ekspository Dan Metode Drill terhadap prestasi belajar kelas III di MI Miftahul Ulum Plosorejo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133073 INDAH DIAN NOVITASARI
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:05
Last Modified: 22 Jan 2018 07:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item