PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAKUNG BLITAR

NURIL ANISWATUL LAILIYAH, 2814133140 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAKUNG BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Frekuensi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar” ini ditulis oleh Nuril Aniswatul Lailiyah, NIM. 2814133140, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Frekuensi, Hasil Belajar. Kecerdasan emosional yang baik dan frekuensi belajar yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil belajar yang diraih oleh siswa. Hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bakung Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel ditentukan sendiri dengan pertimbangan tertentu dan tidak diambil secara acak. Untuk teknik pengumpulan data meggunakan metode tes, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada data kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,042 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk data frekuensi belajar diperoleh nilai Sig. 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk data pengaruh kecerdasan emosional dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai Sig. 0,013 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosioal dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133140 NURIL ANISWATUL LAILIYAH
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:13
Last Modified: 16 Jan 2018 03:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7165

Actions (login required)

View Item View Item