STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SD NEGERI 1 TERTEK TULUNGAGUNG

PRISILIYANA KARTIKA DEWI, 2817133143 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SD NEGERI 1 TERTEK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Perilaku Tanggung Jawab Peserta Didik SD Negeri 1 Tertek Tulungagung” ditulis oleh Prisiliyana Kartika Dewi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Perilaku Tanggung Jawab Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang banyak ditemui di lingkungan sekolah yaitu perilaku acuh tak acuh peserta didik terhadap tindakan yang mereka lakukan. Sebagai contoh sering terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas rumah, ramai di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung dan masih banyak lainnya. Mereka masih belum memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagai peserta didik yang baik. Oleh karena itu guru harus dapat mengontrol dan membimbing peserta didik melalui tindakan yang mencerminkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran di kelas. Hal ini akan lebih efektif manakala diterapkan melalui pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dengan mengaitkan beberapa isi pelajaran dengan pengalaman kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang di pelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran tematik diharapkan perilaku tanggung jawab peserta didik dapat terbentuk menjadi pribadi-pribadi yang berbudi pekerti luhur dan bermartabat. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung?; (2) Bagaimanakah proses pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung?; (3) Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung?. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung ini berupa: a. Penggalakan perilaku-perilaku positif sebagai budaya sekolah, b. Muatan materi matematika dalam pembelajaran tematik sudah tidak diintegrasikan dalam satu tema akan tetapi berdiri sendiri sebagai mata pelajaran, c. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat perangkat pembelajaran yang dilakukan dalam suatu forum yang disebut forum KKG, d. Ada beberapa faktor penghambat yang terjadi dalam merumuskan perencanaan pembelajaran seperti penyesuaian silabus dan buku guru dalam membuat RPP, penyesuaian media pembelajaran dengan materi, dan kurang tersedianya alat peraga dalam menunjang pembelajaran di kelas, e. Faktor pendukung dalam merencanakan pembelajaran tematik adalah banyaknya referensi atau literatur lain yang berasal dari penerbit lain sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan pembelajaran yang bervariasi. 2) Proses pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung ini berupa: a. Pengembangan keterampilan yang harus dimiliki seorang guru antara lain keterampilan menguasai materi, ketrampilan menguasai kelas, dan keterampilan mengenal masing-masing pribadi peserta didik, b. Pembiasaan menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu nasional dalam menumbuhkan semangat serta meningkatkan perilaku patriotisme pada diri sendiri, c. Memberikan motivasi dan nasehat kepada peserta didik untuk selalu bersikap disiplin, tanggung jawab, dan tanggap apabila peserta didik melakukan kesalahan, d. Pemberian apersepsi pada awal pembelajaran sangat diperlukan untuk membawa peserta didik memusatkan perhatian pada pembelajaran, e. Startegi guru dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab adalah memberikan pemahaman bahwa belajar adalah untuk dirinya sendiri dan pemberian contoh atau teladan bagi peserta didik, f. Metode guru menerapkan dalam perilaku tanggung jawab adalah dengan memberikan pemahaman bahwa kelas adalah tanggung jawab bersama dan ditanamkan juga bahwa tugas-tugas kelompok atau individu merupakan tanggung jawab mereka sebagai seorang peserta didik, g. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran tematik sangat diperlukan untuk memantau perkembangan peserta didik selama di rumah dan sebagai mitra guru dalam menghantarkan keberhasilan peserta didik. 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 1 Tertek Tulungagung ini berupa: a. Evaluasi dalam pembelajaran tematik dilakukan secara tetulis maupun lisan dan secara langsung maupun tidak langsung.Bentuk penilaian sikap berupa rubrik, portofolio dan observasi baik saat pembelajaran maupundi luar pembelajaran, b. Unsur-unsur dalam menunjang pembelajaran tematik dalam menumbuhkan perilaku tanggung jawab adalah kepala sekolah, guru kelas, guru lain, karyawan TU, orang tua, lingkungan sekitar dan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133143 Prisiliyana Kartika Dewi
Date Deposited: 16 Jan 2018 06:28
Last Modified: 16 Jan 2018 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item