KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN GENDER KELAS VII SMP NEGRI 1 SUMBERGEMPOL

MUHARIANA YUNITA AMBARWATI, 2814133131 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN GENDER KELAS VII SMP NEGRI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Muhariana Yunita Ambarwati, NIM. 2814133131, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Gender, Aritmatika Sosial Komunikasi dalam keidupan sehari-hari memegang peran yang sangat penting, karena setiap saat orang atau kelompok sudah tentu melakukan interaksi. Hal ini juga terjadi dalam proses pepbelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika setiap peserta didik akan memiliki pemahaman dan pengertian yang berbeda-beda terhadap apa yang dipelajarinya. Dalam menyelesaikan soal cerita juga merupakan kemampuan matematika yang ada pada diri peserta didik. Selain dilihat dari aspek kemampuan memecahkan soal cerita diperhatikan juga gender, perbedaan gender sudah menjadi sorotan sejak jaman dahulu. Perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara laki-laki dan perempuan tersebut juga dijumpai pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah soal cerita materi pokok Aritmatika sosial pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah soal cerita materi pokok Aritmatika sosial pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1Sumbergempol dan subjek penelitian kelas VII-A. Data dalam penelitian ini berasal dari tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelasVII-A sebanyak 37 peserta didk yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 10 pesert didik perempuan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik laki-laki dangan peserta didik perempuan dalam menyelesaikan soal cerita, antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan terdapat kesamaan kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, menjelaskan dan membuat pertanyaan matematika yang telah di pelajari dan membaca dengan pemahaman suatu presentasi matematika, namun ada satu soal yang mampu membaca dengan penahaman suatu preenrase matematika dengan penulisan yang tepat serta menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika, secara lisan dan tulisan dengan aljabar namun ada beberapa soal yang belum mampu peserta didik menjelaskan ide karena kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133131 Muhariana yunita ambarwati
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:49
Last Modified: 16 Jan 2018 03:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item