Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar

Nurrohmah, Badi’un (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian inti.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku peserta didik atau siswa yang diperoleh setelah mengikuti pembelajaran dari kegiatan belajar sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran matematika yang dapat membuat siswa lebih aktif adalah dengan model pembelajaran Make a Match, dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar? Penelitian ini dilaksanakan di MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar pada bulan Januari 2014 dan bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu) dengan menggunakan 2 kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Make a Match sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II A dan kelas II B dengan jumlah 52 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar dengan nilai thitung (4,105 > ttabel (5% = 2,021), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel pada taraf 5%. Sedangkan besarnya pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar adalah 30,49% dengan kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 04:24
Last Modified: 08 Jan 2015 04:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item