IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT MIND MAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Multi Situs pada Siswa Kelas V MI Miftahul Falaah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung)

ANGGIT PRASETYO, 1755154005 (2018) IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT MIND MAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Multi Situs pada Siswa Kelas V MI Miftahul Falaah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover Tesis.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Implementasi Concept Mind Map Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS (Studi Multi Situs pada Siswa Kelas V MI Miftahul Falaah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung) ” ini ditulis oleh Anggit Prasetyo dengan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Dr. Susanto, M.Pd Kata kunci : Concept Mind Map ( Peta Pikiran ), Hasil Belajar, IPS Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam kegiatan belajar mengajar, terutama pada mata pelajaran IPS. Tujuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak sepenuhnya dapat dipahami atau diserap oleh siswa. Hal itu mungkin disebabkan oleh penggunaan metode konvensional yang masih digunakan oleh guru ataupun guru kurang kreatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dari hal tersebut peneliti mencoba memberikan sebuah gambaran solusi, bahwa di MI Miftahul Falah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung, telah menerapkan Concept Mind Map dalam pembelajaran IPS terutama pada Kelas V dan dirasa dengan menggunakan metode tersebut hasil belajar siswa meningkat. Fokus penelitian dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana bentuk model concept mind map yang diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas V MI Miftakhul Falah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagng?; (2) Bagaimana prosedur implementasi concept mind map dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa-siswi kelas V MI Miftakhul Falah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagng?; dan (3) Bagaimana implikasi concept mind map terhadap hasil belajar IPS pada siswa Kelas V MI Miftakhul Falah Kota Kediri dan SDI Miftahul Huda Kabupaten Tulungagung?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bentuk model concept mind map yang digunakan oleh MI Miftahul Falaah dan SDI Miftahul Huda pada mapel IPS Kelas V adalah Model Mind Map Buzan. (2) Prosedur penerapan implementasi model concept mind map dapat dilihat dari langkah-langkah yang dilakukan oleh guru ketika pembelajaran diantaranya adalah guru menjelaskan tujuan dari materi yang dipelajari, guru menampilkan materi dengan model mind map dalam bentuk LCD maupun gambar dikertas atau menggambar di papan tulis, guru menjelaskan makna dari kata-kata, gambar, garis-garis penghubung, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk melihat seberapa jauh pemahaman mengenai materi, siswa diminta maju secara acak untuk menjelaskan kembali, siswa berkelompok 2-4 orang dan membuat model mind map tentang materi yang telah dipelajari menurut pemahaman mereka, perwakilan kelompok maju untuk menyampaikan tugas yang telah dibuat, siswa mengerjakan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar. (3) Implikasi model mind map terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mapel IPS sangat berpengaruh, dalam hal ini hasil belajar dideskripsikan sebagi perubahan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari aspek kognitif hasil belajar dapat dilihat dari nilai siswa pada materi ”Menghargai peran tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia” ketika pembelajaran menggunakan konsep model mind map bahwa prosentase hasil belajar siswa di MI Miftahul Falaah Kota Kediri adalah 96,3 % sedangkan di SDI Miftahul Huda Kabupaten tulungagung prosentase hasil belajar siswa adalah 92,3 %. Data lain yang mendukung yaitu pada tabel perbandingan nilai semester pada siswa yang menggunakan pembelajaran model concept mind map pada tahun ajaran 2016/2017 (MI Miftahul Falah 92,6% di SDI Miftahul Huda 92,3%) dan nilai semester siswa yang tidak menggunakan model mind map pada tahun ajaran 2015/2016 (MI Miftahul Falaah 77 % di SDI Miftahul Huda 57,6%). Peningkatan hasil belajar siswa di MI Miftahul Falaah 18,2 % sedangkan di SDI Miftahul Huda adalah 34,7 %. Hasil belajar dari aspek afektif dapat dilihat dari motivasi belajar siswa, dalam hal ini dikedua sekolah ketika dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan model concept mind map terlihat siswa sangat antusias memperhatikan penjelasan guru. Dan hasil belajar dari aspek psikomotor terlihat dari respon siswa ketika mengerjakan tugas yang diberikan guru, kegiatan tanya jawab terhadap materi antara siswa dengan guru dan siswa mencatat keterangan-keterangan mengenai materi yang diajarkan secara sadar tanpa intruksi dari guru. Dengan menggunakan konsep model mind map dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS Kelas V.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154005 ANGGIT PRASETYO
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:01
Last Modified: 08 Jan 2018 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7119

Actions (login required)

View Item View Item