PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Negeri 1 Pogalan dan SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek)

MISBAHUDIN, 1756154032 (2018) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di SMP Negeri 1 Pogalan dan SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Misbahudin, 2017, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di SMP Negeri 1 Pogalan dan SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Tulungagung. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Mujamil, M. Ag. dan (2) Dr. Susanto, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Problem solving, prestasi belajar. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru, siswa yang saling bertukar informasi. Metode pembelajaran yang diterapkan guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, menyenangkan dan bermakna. Agar peserta didik merasa termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di kelas, guru perlu menciptakan kondisi yang memungkinkan terjadinya proses interaksi yang baik dengan siswa, agar mereka dapat melakukan berbagai aktivitas belajar secara efektif. Berdasarkan hal tersebut diatas bahwa metode problem solving dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam layak untuk diteliti. Penelitian berfokus pada langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang meliputi, perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pogalan dan SMP Negeri 2 Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan rancangan multi situs. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penyusunan silabus, penyusunan program tahunan (Prota), penyusunan program semester (Prosem), penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran/RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, dan lembar kerja siswa/LKS. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui diskusi kelompok. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Problem Solvinguntuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui tes tulis dan tes lisan. Tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui remidi dan pengayaan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154032 MISBAHUDIN
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:06
Last Modified: 05 Jan 2018 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item