PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN TRENGGALEK

ANDRI PRAM SITANGGUH, 2814133009 (2018) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS DARISSULAIMANIYYAH KAMULAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Darissulaimaniyyah Kamulan” yang ditulis oleh Andri Pram Sitangguh dan dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani M. Pd Kata kunci: resitasi, hasil belajar, bangun ruang Matematika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak menurut kebanyakan orang, namun teknologi dan perkembangan zaman telah mempengaruhi masyarakat dalam banyak cara. Sehingga mengubah asumsi bahwa matematika bersifat abstrak dan tidak logis. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan metode resitasi sebagai metode pembelajaran yang mampu membuat peserta didik mewujudkan tujuan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada peserta didik kelas VII Mts Darissulaimaniyyah Kamulan, dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada peserta didik kelas VII Mts Darissulaimaniyyah Kamulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan metode tes dalam memperoleh data hasil belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII Mts Darissulaimaniyyah Kamulan yang terdiri dari dua kelas. Sampel pada penelitian ini juga menggunakan dua kelas yakni kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode resitasi dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi bangun ruang sisi datar Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan nilai t_hitung>t_tabel atau 3,684 > 2,011 dan Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05, dan (2) besar pengaruh penggunaan metode resitas terhadap hasil belajar peserta didik adalah sebesar 1,06 dan dalam tabel interpretasi bahwa pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814133009 andri pram sitangguh
Date Deposited: 05 Jan 2018 02:39
Last Modified: 05 Jan 2018 02:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7112

Actions (login required)

View Item View Item