UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

MUHAMAD FATKHUR ROHMAN, 2811123157 (2018) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Fatkhur Rohman, NIM. 2811123157, dibimbing oleh Luluk ‘Atirotul Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Guru, PAI, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembang pesatnya IPTEK sehingga seringkali terjadi kejadian-kejadian yang mebuat kita miris. Banyak sekali pemuda yang mengaku dirinya seorang muslim tetapi tingkah laku dan akhlaknya tidak mencerminkan dirinya seorang muslim. Melihat fenomena yang sangat memilukan tersebut maka sebagai seorang pendidik harus melakukan sebuah usaga untuk menyelamatkan generasi muda tersebut. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kegiatan keagamaan di sekolah guna menumbuhkan suasana religius segingga dapat memotivasi siswa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam. Oleh karena itu peneliti meneliti upaya guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Apa saja kendala dalam kegiatan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam kegiatan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SMK PGRI 1 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Peran Peningkatan kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh guru PAI di SMK PGRI 1 Tulungaung adalah : Pertama Kegiatan Intrakurikuler, seperti pemilihan metode mengajar yang tepat oleh guru PAI. Bentuk pembinaan mental melalui program sekolah adalah : Setiap 15 menit sebelum pelajaran dimulai seluruh siswa diwajibkan membaca do’a bersama terlebih dahulu, Tausiyah (ceramah agama) yang dilakukan pada akhir pelajaran, Jadwal adzan secara bergilir, Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di waktu akhir kegiatan MOS tepatnya malam hari, yaitu tahajud dan istighosah, Adanya Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Adanya mata pelajaran ekstra agama. Kedua Kegiatan Kokurikuler, seperti : Tugas laporan Pondok Ramadhan, Latihan Qurban yang dilakukan di sekolah, Kegiatan Tiba’ dan Sholawat setiap malam rabu yang dilaksanakan oleh anggota remaja masjid di sekolah. Ketiga Kegiatan Ekstrakurikuler, seperti : Mengundang guru qiro'ah, Olah raga, Perkumpulan pecinta alam, Musik, Seni bela diri , Kerohanian, Terbangan (Rebana), Pramuka, dan Palang Merah Remaja. Keempat Bimbingan dan Penyuluhan yaitu dengan memberikan bantuan dalam memecahkan masalah yang dialami oleh siswa. Dalam hal ini guru PAI bekerjasma dengan guru BP. (2) Kendala yang dihadapai guru PAI dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di SMK PGRI 1 Tulungagung antara lain : a. Kegiatan yang sering berbarengan dengan acara lain, sehingga dalam kondisi tertentu, tidak bisa maksimal seperti yang diharapkan. b. Lingkungan Pergaulan yang kurang mendukung bisa menjadikan anak terpengaruh terhadap hal-hal negative, mengingat sifat anak yang cenderung ikut-ikutan. Dan upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul tersebut antara lain : a. Mengaktifkan kegiatan keagamaan di sekolah seperti : (a) Memperingati Hari Besar Islam (PHBI), (b) Mengadakan kegiatan Pondok Romadhon, (c) Setiap hari sebelum pelajaran dimulai seluruh siswa melaksanakan tadarrus dan diakhir pelajaran ada tausiyah (ceramah agama), (d) Istighosah sebagai persiapan ujian. b. Guru PAI selalu menjalin kerjasama dengan guru BP untuk mnyelesaikan masalah siswa dengan menggunakan pendekatan keagamaan. c. Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, seperti : Penyampaian pada orang tua ketika ada rapat wali murid atau pembagian raport dan Pemanggilan orang tua apabila ada siswa yang sedang mengalami masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123157 MUHAMAD FATKHUR ROHMAN
Date Deposited: 05 Jan 2018 02:12
Last Modified: 05 Jan 2018 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item