PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 MTsN TULUNGAGUNG

DWI ERNAWATI, 2814133047 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 MTsN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa )LKS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas VIII Semester 2 MTsN Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Ernawati, NIM 2814133047, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar LKS, Pendekatan CTL Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar mengajar, dimana siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal. Dalam hal ini diperlukannya pembelajaran yang berinovasi dengan harapan siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu untuk mendorong siswa lebih aktif dibuatlah sebuah produk pengembangan bahan ajar yang berupa LKS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas VIII Semester 2 MTsN Tulungagung menjadi produk yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan pengembangan LKS yang akan dikembangkan peneliti mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall. Beberapa tahap yang dilakukan, yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Data, (2) Perencanaan, (3) Penyusunan Bahan Ajar dalam Bentuk LKS, (4) Uji Validasi LKS, (5) Revisi Produk, (6) Uji coba lapangan, (7) Revisi. Berdasarkan hasil validasi LKS pembelajaran matematika dengan pendeatan Contextual Teaching and Learning pada materi perbandingan yang dikembangkan secara keseluruhan diperoleh persentase 93,23% dengan kriteria valid (tidak perlu revisi). Sedangkan hasil dari respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa mendapatkan persentase 80% dengan kriteria praktis. Dengan demikian, LKS yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan untuk SMP/MTs. Hasil validasi soal post test mendapat persentase 86,67% dengan kriteria valid, sehingga layak digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hal tersebut hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,10 dan kelas eksperimen sebesar 80,38. Hasil analisis data nilai post test menggunakan uji ttest secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Adapun hasil secara manual mendapatkan nilai t hitung sebesar 0,643 dan dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s adalah 73% yang tergolong sedang. Sedangkan hasil uji t menggunakan SPSS 16.0 menghasilkan taraf signifikansi 0,007 < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan, dan terbukti bahan ajar LKS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga LKS ini dapat dikatakan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133047 DWI ERNAWATI
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:13
Last Modified: 04 Jan 2018 04:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item