Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Al Quran Hadis untuk Menigkatkan Pemahaman Peerta Didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rjotangan Tulungagung

Risma Nur Fatwa, 28171331612 (2017) Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Al Quran Hadis untuk Menigkatkan Pemahaman Peerta Didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rjotangan Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Nur Fatwa, NIM. 2817133162, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Pemahaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin yang masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan pemahaman peserta didik adalah dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping dalam pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung?. Selanjutnya adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding, (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding, (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui penerapan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman dan nilai hasil belajar Al-Quran Hadis pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase pengamatan motivasi belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari observasi awal yaitu 40% meningkat menjadi 65% pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 90% pada siklus II. Kemudian tingkat pemahaman peserta didik juga meningkat terhitung peserta didik dengan kriteria pemahaman sangat baik sebanyak 36,33% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II. Begitu juga dengan nilai hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 56,66% meningkat menjadi 90%. Berdasarkan paparan data, temuan hasil penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran Al-Quran Hadis materi hukum bacaan nun mati dan tanwin pada peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Ariyojeding Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 2817133162 Risma Nur Fatwa
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:53
Last Modified: 21 Dec 2017 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item