Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIIID MTsN Langkapan

Fatkul, Anif (2014) Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIIID MTsN Langkapan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK xiv.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 1-10.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 11-50.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 51-69.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 111-113.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 70-110.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka 114-116.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Multimedia Interaktif, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang saat ini tengah berkembang dengan pesat. Teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, memperoleh informasi, dan menyesuaikan informasi. Serta dapat menunjukkan kepada para siswa dampak positif dari perkembangan teknologi pada saat ini. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Demikian juga bagi siswa, dengan multimedia diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaimana siswa dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Oleh karena itu, bagaimana upaya pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIID MTsN Langkapan Srengat-Blitar. Serta bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis multimedia interaktif. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan upaya pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIID MTsN Langkapan Srengat-Blitar. 2) Mendiskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIID MTsN Langkapan Srengat-Blitar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIID MTsN Langkapan Srengar-Blitar semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, catatan lapangan, soal tes dan anailisis respon siswa. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran melalui 3 tahap yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, berdasarkan hasil observasi aktifitas guru dan siswa sudah memenuhi ktriteria 80% dan hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan 75%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar MTsN Langkapan Srengat-Blitar. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis multimedia interaktif yaitu siswa senang belajar melalui multimedia interaktif karena bisa menggali informasi tentang bangun ruang, dan siswa berminat untuk mengikuti pelajaran selanjutnya dengan multimedia interaktif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2014 04:07
Last Modified: 08 Oct 2014 04:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item