PENERAPAN AUTHENTHIC ASSESSMENT DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG

IRNADA ALJANATI, 2811133112 (2017) PENERAPAN AUTHENTHIC ASSESSMENT DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Authentic Assessment dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 03 Tulungagung” ini ditulis oleh Irnada Aljanati, Fakultas Ratbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 2811133112, Pembimbing Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd. Kata Kunci : Authenthic Assessment Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya perbaikan kulitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas peserta didik dan output yang kompetitif. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas peserta didik melalui proses penilaian hasil belajar. Melalui proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar, guru dapat mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Sehingga guru dapat memperbaiki strategi dalam proses pembelajaran selanjutnya. Dalam hal ini, peneliti mengaitkan pererapan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perencanaan authenthic assessment dalam kurikulum 2013 yang dirancang oleh guru akidah akhlak di MAN 3 Tulungagung, (2) untuk mengetahui pelaksanaan authenthic assessment dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 3 Tulungagung, (3) untuk mengetahui pelaporan hasil belajar dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 3 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MAN 3 Tulungagung, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) Guru akidah akhlak dalam membentuk kompetensi siswa MAN 3 Tulungagung melalui perencanaan penilaian autentik dengan cara menentukan indikator penilaian, menetapkan teknik penilaian, menyusun instrumen penilaian, dan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal. (2) Pada Pelaksanaan penilaian autentik dilakukan penilaian tiga kompetensi siswa; kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, kompetensi sikap melalui observasi, dan kompetensi keterampilan melalui penugasan. (3) Bentuk pelaporan hasil belajar siswa dapat dilihat kompetensi-kompetensi yang telah dicapai dalam proses pembelajaran melalui data yang disajikan, berupa data kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133112 IRNADA ALJANATI
Date Deposited: 18 Dec 2017 08:10
Last Modified: 18 Dec 2017 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6893

Actions (login required)

View Item View Item