PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DAN MEDIA CETAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF UDANAWU BLITAR

INTAN PERMATASARI, 2811133111 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DAN MEDIA CETAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Dan Media Cetak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Ma’arif Udanawu Blitar” ditulis oleh Intan Permatasari dibimbing oleh Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. Kata kunci: media audio-visual, media cetak, minat belajar fiqih. Materi pelajaran dengan tingkat kesukaran yang tinggi sangat sulit dipahami oleh peserta didik. Penjelasan guru yang bersifat verbal menyebabkan mereka semakin tidak mengerti akan materi pelajaran dan sering kali mengakibatkan kebosanan siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran serta membantu siswa lebih mudah memahami materi pelajaran sehingga akan meningkatkan minat belajar siswa. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siawa, Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar fiqih siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. 2) Adakah pengaruh penggunaan media cetak terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. 3) berapa besar pengaruh penggunaan media audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media cetak terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan bentuk true experimental design khususnya pretest-posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 286 siswa. teknik pengambilan sampel adalah secara simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39 anak dan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam analisis peneliti menggunakan bantuan SPSS 21.0 dengan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan cara membandingkan thitung dan ttabel kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,837 > 1,993) dan nilai probabilitas 0,05 (0,128 < 0,05). Sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Hz di tolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap minat belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Sedangkan kelas kontrol dari thitung > ttabel (2,602 > 1,993) dan nilai probabilitas 0,05 (0,058 < 0,05). Sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima dan Hz di tolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media cetak terhadap minat belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar yang ditunjukkan dari fhitung > ftabel (2,450 > 2,35). Tingkat signifikansi 0,101 < 0,05 dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari pada probabilitas α yang ditetapkan (0,101 < 0,05). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif dan simultan antara penggunaan media audio-visual dan media cetak terhadap minat belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133111 INTAN PERMATASARI
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:19
Last Modified: 18 Dec 2017 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6891

Actions (login required)

View Item View Item