IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 01 SUTOJAYAN BLITAR

MIRNA TAUFANI, 2811133154 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 01 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Saintific Model Discovery Learning Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 01 Sutojayan” ini ditulis oleh Mirna Taufani, NIM. 2811133154, pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. NIP. 19720601 200003 1 002. Kata Kunci : Pendekatan Saintific, Model Discovery Learning Peneletian ini dilatar belakangi oleh dalam proses pembelajaran, anak kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran dikelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk mengambil informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat menghafal informasi; otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang seperti itu menyebabkan anak sering merasa bosan mengikuti pembelajaran di kelas, mereka sering tidak memperhatikan pelajaran bahkan mereka terkadang asyik bermain atau berbicara dengan temannya ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga ketika kelas menjadi gaduh ketika guru menerangkan pelajaran. Peserta didik kurang berminat mengikuti proses pembelajaran, karena penyampaian materi yang dilakukan oleh guru kurang menarik, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik yang mampu membuat anak menjadi aktif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan pembentukan kelompok untuk menggali dari suatu temuan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana implementasi pendekatan saintific model discovery learning guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 01 Sutojayan? (2)Apakah hambatan guru PAI dalam implementasi pendekatan saintific model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 01 Sutojayan? (3)Apakah solusi dari hambatan guru PAI dalam implementasi pendekatan saintific model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 01 Sutojayan? Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 01 Sutojayan. Data yang peneliti dapatkan dari informan yaitu kepala sekolah, guru PAI, waka kurikulum, dan siswa kelas VII SMPN 01 Sutojayan. Data berupa tempat yaitu di SMPN 01 Sutojayan, serta dokumen berupa foto dan arsip dokumen sekolahan. Hasil penelitian : (1) Implementasi pendakatan saintific model discovery learning guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa meliputi: pertama pada tahap pengamatan yaitu dengan memulai menyapa dan memberi salam saat masuk kelas kemudian memberikan intruksi ketua kelas untuk memimpin berdoa, menyanyikan lagu indonesia raya dan membunyikan pancasila kemudian setelah semua siswa siap guru memberikan sejumlah pertanyaan terkait materi yang sudah dipelajari,disini guru melakukan pengamatan dan menanya dan dari memberikan pertanyaan itu pula cara guru dalam memberikan stimulus kepada siswa yaitu lewat pertanyaan materi sebelumnya karena akan selalu berhubungan dengan materi yang akan dipelajari, bentuk reward juga diberikan kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan. Mengasosiasi dilakukan dengan memeberikan waktu kepada peserta didik untuk berdiskusi kepada kelompoknya untuk mengembangkan pemikirannya Sedangkan, cara guru menyampaikan materi yaitu dengan menggunakan model belajar kelompok yang berbasis untuk menggali kemampuan siswa untuk dapat menemukan gagasan baru dari apa yang telah diamati dan dari situ cara guru mengkomunikasikan pembelajaran yaitu dengan menyimpulkan hasil diskusi dari seluruh kelompok dan ditambah dengan penjelasan dari guru, dengan begitu siswa memiliki pengetahuan yang luas tidak hanya lewat guru tapi juga bisa lewat teman dengan model discovery learning. (2)Hambatan dari implementasi pendekatan saintific medel discovery learning guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 01 Sutojayan meliputi: faktor internal dan faktor eksternal yaitu, (1) kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya mata pelajaran pendidikan agama islam,(2) kurangnya motivasi, (3) materi yang terbatas, (4) ketersediaan waktu yang terbatas, (5)lingkungan keluarga, (6) lingkungan sekolah. (3)Solusi dalam mengatasi hambatan implementasi pendekatan saintific model discovery learning guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 01 Sutojayan yaitu: kerjasama yang baik antara sekolah dan juga guru. Solusi untuk mengatasi hambatan internal yaitu siswa yang kurang menyadari pentingnya pendidikan dan hambatan keterbatasan waktu yang kurang sekolah mengadakan kegiatan BTKS (Baca Tulis Kitab Suci) setiap minggunya. Dalam proses pembelajaran motivasi sangat dibutuhkan sehingga guru juga berperan sebagai motivator kepada siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan guru juga memberikan materi yang sesuai dengan standar pembelajaran dan pengembangan materi apabila materi tersebut masih dirasa kurang yaitu dengan mengambangkan materi dengan menambah penjelasan dari buku lain yang lebih lengkap dan terkait dengan materi yang disampaikan. Sedangkan solusi untuk hambatan lingkungan keluarga adalah semua warga sekolah harus bekerjasama, serta untuk lingkungan sekolah yang kurasng memenuhi sarana dan prasarana dianjurkan untuk guru lebih aktif dan kreatif dalam mengelola pembelajaran sehingga dengan sarana prasarana seadanya tetapi siswa tetap bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133154 MIRNA TAUFANI
Date Deposited: 15 Dec 2017 03:57
Last Modified: 15 Dec 2017 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item