ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENGATASI PERSAINGAN USAHABUSANA MUSLIM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Citra Collection Botoran Kabupaten Tulungagung)

SUKMA DAMAYANTI, 2824133114 (2017) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENGATASI PERSAINGAN USAHABUSANA MUSLIM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Citra Collection Botoran Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengembangan Produk Dalam Mengatasi Persaingan Usaha Busana Muslim Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Citra Collection Botoran Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Sukma Damayanti, NIM. 2824133114, pembimbing ibu Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE,M.Sy. Strategi pengembangan produk merupakan rencana-rencana perusahaan untuk membuat produk baru atau memodifikasi produk yang sudah ada. Setiap pengusaha harus melakukan pengembangan produk supaya bisnis yang dijalankan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Strategi pengembangan produk dilakukan sesuai ekonomi Islam dan untuk menghadapi persaingan. Persaingan juga dilakukan dengan cara berpedoman pada syariat Islam sehingga rezeki yang diperoleh halal. Fokus Penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Citra Collection dalam mengatasi persaingan usaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung?(2) apakah strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Citra Collection sudah sesuai menurut perspektif ekonomi Islam? (3) apa saja faktor penghambat strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Citra Collection dalam mengatasi persaingan usaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung? (4) apa saja faktor pendukung strategi pengembangan produk dalam mengatasi persaingan usaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung?.Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Citra Collection dalam mengatasi persainganusaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung (2) untuk mengetahui strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Citra Collection dalam perspektif ekonomi Islam (3) untuk mengetahui faktor penghambatstrategi pengembangan produk di Citra Collection dalam mengatasi persaingan (4)untuk mengetahui faktor pendukung strategi pengembangan produk di Citra Collection dalam mengatasi persaingan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus, jenis penelitian studi kasus adalah suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses dan memperoleh pengertian, dan pemahaman dari hasil wawancara mendalam. Sumber data yang digunakan ini data primer. Hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan produk pada Citra Collection ini dengan mengembangkan penampilan produk melalui usaha mengubah penampilan yang sudah ada dengan kualitas yang lebih baik. Strategi pengembangan produk dilakukan secara Islam dengan melakukan transaksi jual beli secara jujur dan tidak ada yang dirugikan. Faktor penghambat dari pengembangan produk yaitu kekurangan ide, siklus hidup produk yang singkat, dan modal yang sangat besar. Sedangkan faktor pendukung yaitu pengusaha akan terjun langsung ke lapangan apabila terjadi permasalahan pada usahanya, kualitas yang digunakan menengah, harga tidak mahal. Kata kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Persaingan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133114 SUKMA DAMAYANTI
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:31
Last Modified: 13 Dec 2017 03:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item