PERAN EKSTRAKURIKULER REMAS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

MAR’ATUL KHOIRINA, 2811133146 (2017) PERAN EKSTRAKURIKULER REMAS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ekstrakurikuler ReMas dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini di tulis oleh Mar’atul Khoirina, NIM. 2811133146, dosen pembimbing B. Hj. Indah Komsiyah, M.Pd Kata Kunci: Ekstrakurikuler ReMas, Kegiatan Keagamaan, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi karena meskipun SMAN 1 Kauman Tulungagung tergolong sekolah umum, bukan tergolong sekolah yang berbasis agama tetapi kegiatan keagamaan sangat banyak dan begitu di perhatikan di sekolah ini. Salah satu alasan yang mendasari begitu banyak kegiatan keagamaan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk meningkatkan karakter religius yang telah dimiliki siswa. Siswa dan siswi SMAN 1 Kauman Tulungagung di berikan pembekalan dengan berbagai kegiatan keagamaan tersebut agar mereka terhindar dari hal-hal negative dari luar yang marak di zaman sekarang ini. Karakter religius yang sebelumnya telah di tanamkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di dalam kelas melalui kegiatan kurikuler belajar mengajar di dalam kelas, kemudian di tingaktkan lagi melalui kegiatan keagamaan yang di selenggarakan oleh ekstrakurikuler ReMas, di dasarkan oleh hal tersebut peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan kegamaan di SMAN 1 Kauman Tulungagung yakni kegiatan hadrah atau shalawatan, kegiatan dakwah atau kajian Islam, dan kegiatan tadarus Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan hadrah atau shalawatan di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan dakwah/kajian Islam di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an di SMAN 1 Kauman Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan hadrah atau shalawatan di SMAN 1 Kauman Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan dakwah atau kajian Islam di SMAN 1 Kauman Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi di SMAN 1 Kauman Tulungagung, dan cara yang dilakukan untuk memperoleh data melalui, (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melaksanakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) Perpanjangan Keikutsertaan (2) Ketekunan Pengamatan (3) Triangulasi (4) Pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa : (1) Peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan hadrah atau shalawatan yakni ekstrakurikuler ReMas berperan sebagai organisator yakni pengelola kegiatan hadarah atau shalawatan sejak dari awal terbentuknya, pelaksana kegiatan hadrah atau shalawatan di setiap kegiatannya, dan evaluator yakni melakukan evaluasi setiap satu bulan sekali. Dimana peran dari kegiatan hadrah atau shalawatan ini yakni sebagai wujud cinta rosul, penyaluran bakat minat dan silaturahmi, (2) Peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan dakwah atau kajian Islam yakni ekstrakurikuler ReMas berperan sebagai organisator yakni pengelola kegiatan dakwah atau kajian Islam sejak dari awal terbentuknya, motivator yakni memberi motivasai siswa pada kegiatan dakwah atau kajian Islam di setiap kegiatannya, dan evaluator yakni melakukan evaluasi setiap satu bulan sekali, Dimana peran dari kegiatan dakwah atau kajian Islam ini yakni sebagai pendidikan, sebagai benteng, dan silaturahmi, (3) Peran ekstrakurikuler ReMas dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an yakni ekstrakurikuler ReMas berperan sebagai organisator yakni pengelola kegiatan tadarus Al-Qur’an sejak dari awal terbentuknya juga memantau pemanfaatan hp siswa di khususkan sebagai media mengaji, pelaksana kegiatan tadarus Al-Qur’an di setiap kegiatannya, evaluator yakni evaluasi yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Dimana peran dari kegiatan tadarus Al-Qur’an yakni menenangkan hati peserta didik sebelum dimulainya pelajaran sehingga mampu menerima pelajaran dengan baik, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dimana membaca Al-Qur’an bernilai ibadah, dan meningkatkan kedisiplinan siswa karena datang lebih awal dari jam masuk. Pada peran-peran yang telah disampaikan tersebut berkaitan erat dengan nilai religius ilahiyah dan nilai religius insaniyah, atau yang sering disebut hablumminallah hablumminannas, sehingga siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan keagamaan yang di selenggarakan oleh ekstrakurikuler ReMas dapat meningkatkan karakter religius yang sebelumnya telah tertanam dalam dirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133146 MAR’ATUL KHOIRINA
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:18
Last Modified: 19 Dec 2017 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item