PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG

ROSI AGUSTYA RAHMAYANTI, 2817133170 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rosi Agustya Rahmayanti: Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Times Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas III MIN Ngepoh tanggunggung Tulungagung dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga peserta didik dalam proses pembelajaran cenderung pasif. Akibatnya hasil belajar kurang baik. Berangkat dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Times Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan model kooperatif learning tipe teams games tournament pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanngunggunung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan dalam setiap siklus terdiri atas empat tahapan penelitian, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksing (reflecting). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran penerapan model pembelajran Kooperatif tipe Teams Games Tournament melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti, dan penutup dapat meningkatakan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagunng tahun 2016/2017. Peningkatan hasilbelajar dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 75,4 dengan presentase ketuntasan belajar 61,90%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada sikus II yaitu meningkat menjadi 94,3 dengan presentase ketuntasan belajar 85%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133170 ROSI AGUSTYA RAHMAYANTI
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:58
Last Modified: 12 Dec 2017 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item View Item