STRATEGI PEDAGANG MUSLIM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI PASAR WAGE NGANJUK

RETNO PUTRIANI, 2824133104 (2017) STRATEGI PEDAGANG MUSLIM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI PASAR WAGE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Pedagang Muslim Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Pasar Wage Nganjuk. ditulis oleh Retno Putriani, NIM: 2824133104 dengan dibimbing oleh H. Dede Nurohman. M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan usaha semakin ketat. Pedagang harus bekerja keras untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Dalam penghormatannya terhadap bisnis, Al-Qur’an juga seringkali membicarakan makna kejujuran dan keadilan dalam bisnis. Tentunya dalam melakukan aktivitas tersebut harus disesuaikan dengan ajaran dan tata cara Islam yakni menghindari segala macam penipuan, ketidak jujuran, ketidak adilan, dan perilaku lainnya yang dapat merugikan salah satu pihak. Dalam hal ini pelaku pasar berperan penting dalam menjaga keadilan dalam distorsi pasar. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan bagaimana kondisi persaingan bisnis antar pedagang di Pasar Wage Nganjuk. kedua, mendekripsikan bagaimana strategi pedagang muslim dalam menghadapi persaingan bisnis di Pasar Wage Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Pengambilan lokasi penelitian dipilih adalah Pasar Wage Nganjuk sebagai pasar terbesar dan penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Nganjuk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif dilakukan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis, dan analisis melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi persaingan bisnis di Pasar Wage Nganjuk secara umum yang meliputi harga, produk, layanan, promosi, dan pemasaran berjalan dengan baik. Walupun demikian ada segelintir pedagang muslim yang melakukan persaingan tidak sehat, yaitu melakukan banting harga dan monopoli ikan pindang. Kemudian strategi pedagang muslim dalam menghadapi persaingan bisnis di Pasar Wage Nganjuk meliputi, pedagang memberikan pelayanan prima kepada konsumen sesuai dengan syariat islam tanpa menimbulkan maksiat, pedagang menyediakan produk yang berkualitas dan memperhatikan produk yang di syaratkan islam, memberikan promosi yang jujur dan tidak menipu, menerapkan harga berdasarkan kesepakatan penjual dan pembeli. secara keseluruhan strategi yang dilakukan pedagang muslim telah sesuai dengan ajaran islam dalam menjalankan usaha. Perilaku pengusaha muslim adalah segala tindakan atau aktifitas pengusaha dalam menjalankan kegiatan usaha dengan mempertimbangkan baik buruknya sesuai konsep Islam. Namun demikian masih ada sebagian kecil pedagang yang mengabaikan keteladanan seorang muslim yang taat. Kata Kunci: Strategi pedagang Muslim, Persaingan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133104 RETNO PUTRIANI
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:56
Last Modified: 11 Dec 2017 06:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6819

Actions (login required)

View Item View Item