PENANAMAN NILAI – NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMAN KAUMAN TULUNGAUNG

DIMAS FIRDAUS AL-AULIA, 2811133069 (2017) PENANAMAN NILAI – NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMAN KAUMAN TULUNGAUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Dimas Firdaus Al - aulia. NIM. 2811133069. Penanaman Nilai – Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMAN Kauman Tulungagung. Skripsi. Tulungagung. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Khoiril Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Religius, Kegiatan Keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya pendidikan moral untuk anak usia remaja. Melihat hal itu, SMAN Kauman Tulungagung memiliki program melalui kegiatan keagamaan, yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius sebagai upaya memberikan pembelajaran moral kepada peserta didik yang masih dalam usia remaja. Beberapa kegiatan tersebut antara lain: penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan sholawatan, penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan tilawatil qur’an yang dilaksanakan dua minggu sekali setiap selesai shalat jumat secara bersama dan terorganisir, penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan tausyiah yang dilaksanakan ketika shalat jumat berlangsung, serta penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan kajian kitab. Fokus penelitian: (1) Penanaman Nilai – Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Sholawatan di SMAN Kauman Tulungagung, (2) Penanaman Nilai – Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Tilawatil Qur’an di SMAN Kauman Tulungagung, (3) Penanaman Nilai – Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Tausyiah di SMAN Kauman Tulungagung?, (4) Penanaman Nilai – Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan kajian kitab di SMAN Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMAN Kauman Tulungagung. Sumber data guru pendidikan agama islam, guru pembina kegiatan keagamaan, siswa, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumen. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui diskusi, triangulasi, dan keajekan pengamat. Hasil penelitian. Pertama, penanaman nilai – nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan sholawatan yaitu, menanamkan nilai ibadah, nilai disiplin, dan nilai akhlak. Kedua, penanaman nilai – nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan Tilawatil Qur’an yaitu, menanamkan nilai akhlak, menanamkan nilai keteladanan, dan menanamkan nilai ruhul jihad. Ketiga, penanaman nilai – nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan tausyiah yaitu, menanamkan nilai amanah, menanamkan nilai ikhlas, dan menanamkan nilai Disiplin. Keempat, penanaman nilai – nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan kajian kitab yaitu, menanamkan nilai ruhul jihad, menanamkan nilai akhlak, dan menanamkan nilai ibadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133069 DIMAS FIRDAUS AL-AULIA
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:07
Last Modified: 27 Nov 2017 04:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item