PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM 01 ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MEIKA KHUDMA SHOFA, 2817133103 (2017) PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUSSALAM 01 ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Meika Khudma Shofa, NIM. 2817133103, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. As’aril Muhajir M.Ag. Kata Kunci: Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah, Keterampilan Berbicara. Latar belakang dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab kelas IV di MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung yang tingkat kemampuan peserta didik dalam keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah. Penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (acting), (3) tahap observasi (observing), (4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung yang terdiri atas 15 perempuan dan 15 laki-laki. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Bahasa Arab, respon peserta didik, keadaan peneliti dan peserta didik. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung adalah merencanakan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media, alat dan sumber belajar, penilaian dan instrumen-instrumen untuk penelitian yaitu lembar observer dan lembar evaluasi (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam’iyyah Asy- Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil observasi aktivitas peneliti menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktifitas peneliti siklus I persentase nilai rata-ratanya adalah 84,28% dan dari hasil observasi aktifitas peneliti siklus II adalah 90%. (3) Evaluasi pembelajaran melalui penerapan metode As-Sam ’iyyah Asy-Syafawiyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab pokok bahasan Ashabul Mihnah peserta didik kelas IV MI Darussalam 01 Aryojeding Rejotangan Tulungagung adalah menggunakan alat evaluasi berupa tes. Tes ini terdiri dari pre test dan post test. Data hasil nilai pada pre test adalah 1525 dengan nilai rata-rata 50,8. Persentase ketuntasan pre test 13,3%. Data hasil nilai pada post test I adalah 2170 dengan nilai rata-rata 72,33. Persentase ketuntasan post test I adalah 43,33%. Data hasil nilai pada post test II adalah 2555 dengan nilai rata-rata 85,16. Persentase ketuntasan post test II adalah 86,66%. Dapat disimpulkan dari hasil nilai pre test, post test I dan post test II terus mengalami peningkatan dengan penerapan metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133103 Meika Khudma Shofa
Date Deposited: 20 Nov 2017 08:01
Last Modified: 20 Nov 2017 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item