PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTs GUPPI DONGKO TRENGGALEK

IZATUL FUADAH, 2814133096 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTs GUPPI DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika pada materi segi empat kelas VII MTs GUPPI Dongko” di tulis oleh Izatul Fuadah, NIM. 2814133096, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep, Segi Empat Persepsi siswa bahwa matematika itu pelajaran yang sulit membuat siswa mudah bosan saat proses pembelajaran matematika. Saat guru menjelaskan materi, siswa sering ramai sendiri terkadang mereka asik dengan temannya. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh karena itu perlu suatu pendekatan yang bias membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami konsep dari materi yang di ajarkan, salah satunya adalah Realistic Mathematics Educatio nadalah pembelajaran yang dikaitkan dengan dunia sekitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi segi empat kelas VII MTs GUPPI Dongko Trenggalek. 2). Untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika siswa materi segi empat kelas VII MTs GUPPI Dongko Trenggalek. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kuasie ksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II MTs GUPPI Dongko. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Di peroleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-A dan VII-B. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1). Ada pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi segi empat kelas VII MTs GUPPI Dongko Trenggalek. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistik yang diperoleh t_hitung (3,75)>t_tabel (2,01) dan signifikan (0,000) < 0,05. 2). Besar pengaruh dalam penelitian ini pembelajara yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs GUPPI Dongko Trenggalek adalah 1,2 di dalam table interpretasi nilai Cohen’s d large tergolong tinggi dengan presentasese besar88%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133096 IZATUL FUADAH
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:26
Last Modified: 13 Dec 2017 03:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item