PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA AKIDAH AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DI MTS NEGERI BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

DICKY WICAKSONO, 2811133066 (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA AKIDAH AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL DI MTS NEGERI BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Akidah Akhlak Melalui Pembelajaran Berbasis Audio Visual di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Dicky Wicaksono, NIM 2811133066, pembimbing Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Prestasi Belajar Pembelajaran berbasis audio visual adalah cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran seperti lcd, proyektor dan sound. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dimanfaatkan oleh pelajar untuk meningkatkan kualitas prestasi dalam berbagai bidang keilmuan. Kegiatan memanfaatkan tekhnologi media pembelajaran diharapkan dapat mendukung pencapaian tingkat prestasi Akidah Akhlak siswa di sekolah. (1) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan prestaasi belajar siswa pelajaran akidah akhlak melalui pembelajaran berbasis audio visual di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif. Penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, dengan jenis quasi ekperimen design. Variabel penelitian yaitu media audio visual (X) dan prestasi belajar akidah akhlak (Y). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 343 siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 66 siswa, 34 siswa (kelas eksperimen) 32 siswa (kelas kontrol). Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan metode pengumpulanmetode tes, sedangkan untuk sumber data sekunder dengan menggunakan metode pengambilan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : Ada peningkatan prestasi belajar siswa akidah akhlak melalui pembelajaran berbasis audio visual di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan nilai thitung sebesar 10,49, sehingga thitung (10,49) > ttabel (1,9978) maka H1 diterima. Besar pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2016/2017. Dari perhitungan effect size pada uji-t dengan menggunakan cohen’s d from t-test, yaitu diperoleh nilai d = 06. prestasi belajar siswa yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran cukup memuaskan dan mempunyai pengaruh yang cukup besar dengan prosentase 73%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133066 DICKY WICAKSONO
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:56
Last Modified: 14 Nov 2017 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6465

Actions (login required)

View Item View Item