Dampak Regulasi di Bidang TIK Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, 19650903199803 (2016) Dampak Regulasi di Bidang TIK Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidkan, 35 (2). pp. 176-186. ISSN 0216-1370

[img] Text
Jurnal 8.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan jenis regulasi di bidang TIK yang disusun oleh SMK Sunan Rahmat di Tulungagung, dampak positif dan negatis yang terjadi, dan berbagai perubahan perilaku sosial siswa pasca regulasi TIK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil participantion observation dan in-depth interview. Data dianalisis menggunakan langkah: penyajian data, penyaringan data, klasifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan berikut: (1) terdapat 4 regulasi TIK yang disusun, yaitu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah, membentuk ICT center, membentuk jejaring pendidikan siswa, mengembangkan TIK secara mandiri tanpa ketergantungan dari pihak lain; (2) terdapat pihak positif dan negatif regulasi pemanfaatan TIK, namun dampak positif lebih dominan, dan (3) perubahan perilaku sosial yang terjadi mayoritas bersifat positif.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Jurnal
Komunikasi Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Doktor 19650903199803 Binti Maunah
Date Deposited: 06 Mar 2019 07:43
Last Modified: 06 Mar 2019 07:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6437

Actions (login required)

View Item View Item