PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT MINORITAS ISLAM (Studi Kasus Di Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani Selatan Thailand)

Nuruddiin Syekh Ali, 2811133308 (2017) PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT MINORITAS ISLAM (Studi Kasus Di Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani Selatan Thailand). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Isi .pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya proses Pendidikan Agama Islam di Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand) yang melaksanakan pendidikan secara totalitas yang dapat mengantarkan peserta didik tumbuh dan berkembang sebagai manusia yang Islam dalam keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka dalam proses pendidikan Islam tidak dapat lepas dari refleksi kehidupan bangsa dan Negara itu sendiri. Proses pendidikan Islam sebenarnya telah berlangsung sepanjang sejarah dan berkembang sejalan dengan perkembangan agama Islam dan budaya dipermukaan bumi. Namun proses pendidikan di Madrasah ini masih banyak kendala diantaranya banyaknya guru yang belum memahami bahasa melayu, padahal pembelajaran agama Islam masih banyak mengadopsi dan mengambil refrensi dari kitab kitab berbahasa melayu. Oleh sebab itu dibutuhkan tenaga-tenaga pendidikan agama Islam yang dapat memberikan proses pembelajaran yang baik. Dalam fokus penelitian skripsi ini adalah 1) bagaimana gambaran proses pembelajaran agama Islam oleh masyarakat sekitar Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand)?, 2) bagaimana proses pembelajaran agama islam di Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand) ?, 3) bagaimana resistensi pelaksanaan pembelajaran agama Islam di Madrasah Al-Islahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand) ?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskreftif kualitatif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara atau indepth interview, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan keterpercayaan, uji keteralihan data, ketergantungan dan kepastian. Hasil ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) gambaran proses pembelajaran agama Islam oleh masyarakat sekitar Madrasah Al-Islahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand) berjalan dengan efektif dengan iringan hikmah dan barokah, dan pengurus yang baik dapat berjalan dengan baik dan efektif. 2) proses pembelajaran agama Islam di Madrasah Al-Ishlahiyah Saibur Patani (Selatan Thailand) dilakukan dalam tiga proses tahapan antara lain yaitu proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan terakhir proses evaluasi atau penilaian. 3) resistensi pelaksanaan pembelajaran agama Islam di Madrasah Al-Ishlahiyah Saiburi Patani (Selatan Thailand) terlihat oleh penelitian dalam dua resistensi yaitu resistensi melawan eksekusi pembelajaran agama Islam dan resestensi menahan eksekusi pembelajaran agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anas 2811133308 Nuruddeen Syekh Ali
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:54
Last Modified: 08 Nov 2017 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item View Item