PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

PARISTA ANJAS WURI, 2811133213 (2017) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Parista Anjas Wuri. 2811133213. 2017, Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Bandung Tulung agung Tahun Ajaran 2016/2017, dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar,M.Pd. Kata kunci: Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pendidikan memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengantar peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sementara itu Allah SWT telah menciptakan manusia itu berbeda antara satu dengan yang lainnya, karena sesungguhnya setiap individu memiliki cirri khasnya sendiri-sendiri. Keberhasilan dalam pembelajaran banyak sekali dipengaruhi oleh berbagai factor baik faktor intern maupun factor ekstern. Kurang lebih dipengaruhi gaya mengajar dan motivasi belajar, yaitu dengan kata lain bahwa kesesuain guru dalam mengajar serta motivasi yang dimiliki oleh setiap siswa menuntut kemungkinan atas tercapainya tujuan dari pembelajaran. Sehingga gaya mengajar yang ditampilkan guru serta motivasi belajar yang ada pada siswa dapat menentukan hasil akhir dari pembelajaran. Berangkat dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini,1) Bagaimana gambaran secara umum tentang gaya mengajar guru, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 2)Adakah Pengaruh Gaya Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada Mata Pelajaran PAI Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 3)Adakah Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada Mata Pelajaran PAI Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 4) Adakah Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada Mata Pelajaran PAI Siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung, sampelnya 238 orang, teknik samplingnya menggunakan Propotionate Stratified Random Sampling, variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data adalah angketdan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian: 1) Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar dalam kategori sedang, gaya mengajar guru dalam kategoribaik, dan motivasi belajar dalam kategori sedang. 2)Nilai F hitung> F table yaitu 11,982 > 3,89 dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 itu berartiada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 .3) Nilai F hitung> F table yaitu 4,268 > 3,89 dengan taraf signifikan 0,040 < 0,05 itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 4) Nilai F hitung> F table yaitu 7,952 > 3,04 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil dari penelitian, adanya pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, disarankan bagi para guru untuk senantiasa mengembangkan gaya mengajar dan untuk selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa. disarankan pula untuk para siswa meningkatkan kembali motivasi belajar yang ada pada dirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133213 PARISTA ANJAS WURI
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:23
Last Modified: 03 Nov 2017 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item