KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS UNGGULAN DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG

KUSNIATUT DINIYAH, 2811133125 (2017) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS UNGGULAN DI SMP NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Kusniatut Diniyah, NIM. 2811133125, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung”, Dosen pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. NIP. 19651215 200312 2 001. Kata kunci : Kreativitas, Media Pembelajaran, Motivasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seorang guru haruslah berkreatif dalam penggunaan media pembelajaran guna untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan motivasi siswa, seperti membuat kegiatan belajar menarik dengan memanfaatkan media pembelajaran audio, visual, maupun audio visual. Karena kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, dan guru dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses kreativitas tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keterampilan guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran Audio untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui keterampilan guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui keterampilan guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas ungulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari pendapat Milles dan Hubermen yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: Perpanjang pengamatan, Meningkatkan ketekunan, dan Triangulasi yaitu Triangulasi metode dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran Audio untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung yaitu : (a) guru mempersiapkan alat-alat media salah satunya berupa speaker aktif,(b) guru mampu dan menguasai alat-alat media pembelajaran, (c) guru menyesuaikan antara materi dengan media yang digunakan, (d) guru membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) semenarik mungkin agar membangkitkan motivasi belajar pada siswa. (2). Keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran Visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung yaitu: (a) guru mempersiapkan LCD Proyektor yang akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran menggunakan media visual slide, (b) menggunakan peta konsep dengan berkelompok untuk materi tertentu, (c) pemberian warna yang menarik untuk mengarahkan perhatian siswa, (d) menyesuaikan kriteria dan teknis penggunaan media pembelajaran. (3). Keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas unggulan di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung yaitu : (a). Mempersiapkan Alat, Dalam hal ini yang perlu disiapkan adalah Laptop, Speaker aktif, LCD Proyektor yang sudah tersedia didalam ruang kelas. (b)Menyiapkan materi ajarnya, Materi adalah hal yang sangat penting untuk diaplikasikannya dalam proses penerapan media audio visual. (c). Penyampaian materi, Dalam pemaparan mengenai penyampaian materi disini guru menggunakan metode ceramah atau penjelasan sebagai pendahuluan agar para siswa memahami dengan apa yang disajikan guru tersebut dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133125 KUSNIATUT DINIYAH
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:08
Last Modified: 02 Nov 2017 08:08
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item