Pengaruh Sugesti Relaksasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding

Tiraini, Dwi Antika Auges (2014) Pengaruh Sugesti Relaksasi terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Aryojeding. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
2-12.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(1) DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Sugesti Relaksasi, Minat, Hasil Belajar. Selama ini matematika dianggap menjadi pelajaran yang sangat sulit dan menakutkan. Banyak dari para siswa beranggapan bahwa matematika hanya ditujukan pada anak yang jenius saja. Para siswa bahkan tidak percaya pada kemampuan diri mereka sendiri. Ditambah lagi kesan mengajar guru matematika yang menakutkan. Hal itu pun menambah alasan siswa untuk tidak suka bahkan benci pada pelajaran matematika. Akibatnya minat siswa dalam belajar matematika rendah begitupula hasil belajar siswa juga ikut rendah. Oleh karena itu dibutuhkan alternatif tambahan khusus dalam pembelajaran agar siswa lebih berminat untuk belajar dan hasil belajar yang diperoleh bisa memuaskan. Salah satu alternatif yang bisa digunakan yaitu pemberian sugesti relaksasi terhadap siswa. Alternatif ini dapat mengubah pola pikir siswa mengenai pelajaran matematika yang mulanya sulit dan menakutkan menjadi menyenangkan dan tidak menakutkan lagi. Pemberian sugesti relaksasi merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada siswa, terutama siswa yang sangat anti pati terhadap pelajaran matematika. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan sugesti relaksasi terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh sugesti relaksasi terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh sugesti relaksasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding yang berjumlah 351 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelompok kelas yaitu kelas VII G yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis paired t-test. Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan sugesti relaksasi terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 11,248, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,021. Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, keputusan juga dapat diambil dengan melihat nilai signifikansinya, nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan sugesti relaksasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Aryojeding. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 37,131, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,021. Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu xviii keputusan dapat diambil dengan melihat nilai signifikansinya, nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2015 03:51
Last Modified: 06 Jan 2015 03:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item