IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION ABILITY USING COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

NAIMATUS SOLIKHAH, 2813133080 (2017) IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION ABILITY USING COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRACT Solikhah, Naimatus. NIM. 2813133080. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) Pada Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiya dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: H. Nursamsu, M.Pd. Kata Kunci: Meningkatkan, Strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) Dalam pembelajaran bahasa Inggris terdapat empat ketrampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu ketrampilan berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Membaca merupakan salah satu ketrampilan yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa harus mampu memahami teks yang mereka baca, bagaimanapun siswa terkadang mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks. Sehingga, guru membutuhkan strategi yang sesuai untuk pembelajaran membaca siswa di sekolah. Salah satu strategi yang sesuai adalah strategi Collaborative Strategic Reading (CSR). Strategi ini merupakan strategi diskusi yang memudahkan siswa untuk memahami teks yang akan mereka baca. Siswa akan melakukan pembelajaran secara berkelompok, setiap kelompok berisi 5 orang yang memiliki peran masing-masing yaitu sebagai leader, clunk expert, announcer, encourager dan reporter.terdapat 4 tahapan dalam strategi ini yaitu preview, click and clunk, get the gist dan wrap up. Strategi ini membantu siswa untuk membahas ide pokok, menemukan kosakata baru dan membuat kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman membaca siswa bisa meningkat melalui strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman membaca siswa dapat meningkat melalui strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) di kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah penelitian ini adalah perencanaan, menerapkan strategi, mengamati dan menggambarkan. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman membaca siswa melalui strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) bisa meningkat di tes tahap ke II yaitu 33 siswa lulus KKM dan 7 siswa tidak mencapai KKM. Respon siswa dalam proses pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Collaborative Strategic Reading (CSR) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 2813133080 NAIMATUS SOLIKHAH
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:47
Last Modified: 14 Nov 2017 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item