PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI ISLAM GADING SELOPURO BLITAR

INDAH DEWI HUSNA, 2817133072 (2017) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI ISLAM GADING SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar" in] ditulls oleh Indah Dewi Husna, NIM. 2817133072, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaivah Fakultas Tarblyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan, minas dan basil belajar peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar dalam mata pelajaran fiqlh. Hal ini disebabkan karena dalam menvampalkan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih mater' haji peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan minat peserta didik dalam belajar fiqih materi haji melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan has]] belajar fiqih materi haji melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertuivan (1) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik mater' haji melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikan peningkatan minat peserta didik dalam belajar fiqih materi haji melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk memaparkan peningkatan basil belajar fiqih mater' haji melalui penerapan metode problem solving pada mata pelajaran fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar Tabun Pelajaran 2016/2017. Penelitian 11711' menggunakan penelitian tindakan kelas (('/ass Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdirl darl empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokurnentast dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang basil belajar fiqih peserta didik kelas V MI Islam Gading Selopuro Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggall data tentang proses pembelajaran fiqih, minat peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode problem solving dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentase . pengamatan keaktifan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus 11 yaitu 75% meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat balk. (2) Penerapan metode problem solving dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata —rata angket siklus I 1,62 meningkat menjadi 1,84. (3) Penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata — rata hasil pre test 58 (30%) meningkat pads siklus I menjadi 72 (55%) dan meningkat kembali pads siklus II menjadi 84 (85%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan keaktifan, minat dan hasil belajar fiqlh peserta didik kelas V MI Islam Galling Selopuro Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133072 INDAH DEWI HUSNA
Date Deposited: 06 Dec 2017 01:16
Last Modified: 06 Dec 2017 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item