Pengaruh Kecerdasan Inteligensi (IQ) dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Mu’asomah, Syefti Anisatul (2014) Pengaruh Kecerdasan Inteligensi (IQ) dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGANTAR.pdf

Download (691kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Inteligensi, Motivasi, Prestasi Belajar Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan bahwa inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan performansi yang optimal. Hal ini didukung oleh fakta bahwa lembaga-lembaga pendidikan lebih bersedia menerima calon siswa yang menampakkan indikasi kemampuan intelektual tinggi daripada yang tidak. Padahal fenomena yang ada menunjukkan bahwa tidak sedikit orang dengan IQ tinggi yang berprestasi rendah, dan ada banyak orang dengan IQ sedang yang dapat mengungguli prestasi belajar orang dengan IQ tinggi. Fakta lain mengatakan seringkali anak didik yang tergolong cerdas tampak bodoh karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan seorang anak didik yang cerdas, apabila memiliki motivasi belajar yang rendah maka dia tidak akan mencapai prestasi akademik yang baik. Sebaliknya, seorang anak didik yang kurang cerdas, tetapi memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar, maka dia akan mencapai prestasi akademik yang baik. Dalam skripsi ini peneliti mencoba meneliti pengaruh kecerdasan inteligensi (IQ) dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqih. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh kecerdasan inteligensi (IQ) terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?, 3) Adakah interaksi antara kecerdasan inteligensi (IQ) dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan inteligensi (IQ) terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara kecerdasan inteligensi (IQ) dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Tulungagung pada bulan Mei 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data motivasi xvii belajar siswa diperoleh melalui angket. Angket ini berbentuk skala Likert. Angket diberikan kepada 42 siswa dengan 30 butir pernyataan positif. Ada 5 Alternatif jawaban: sangat sering (5), sering (4), jarang (3), kadang-kadang (2), tidak pernah (1). Setelah itu angket dianalisis untuk mencari nilai angket masing-masing siswa. Untuk data kecerdasan inteligensi (IQ) dan prestasi belajar fiqih diperoleh melalui dokumentasi. Prestasi belajar fiqih siswa diambil dari nilai UTS fiqih semester genap. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji ANOVA dua arah. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data kecerdasan inteligensi (IQ), data motivasi belajar siswa, dan data prestasi belajar fiqih. Berdasarkan analisis data didapatkan: 1) Nilai Fhitung (0,682) < Ftabel (5% = 3,22) dan taraf nilai Sig. kecerdasan inteligensi (IQ) 0,512 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh kecerdasan inteligensi (IQ) terhadap prestasi belajar fiqih, 2) Nilai Fhitung (29,963) >Ftabel (5% = 3,22) dan taraf nilai Sig. motivasi belajar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqih, 3) Nilai Fhitung (4.928) > Ftabel (5% = 2,59) dan taraf nilai Sig. (kecerdasan inteligensi*motivasi belajar) 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada interaksi antara kecerdasan inteligensi (IQ) dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2015 03:02
Last Modified: 06 Jan 2015 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item