GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KETIDAKTERTIBAN SISWA DI MTS. ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

FICKHA AMIRUL MUKMININ, 2811133096 (2017) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KETIDAKTERTIBAN SISWA DI MTS. ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Ketidaktertiban Siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Fickha Amirul Mukminin, NIM 2811133096, Tahun 2017, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis, M. Pd Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Mengatasi, Tata Tertib, Siswa Dengan semakin majunya era pada jaman sekarang ini, banyak dari anak-anak yang masih remaja sudah mulai terpengaruh oleh hal negatif dan cenderung mengesampingkan peraturan yang ada. Fokus penelitian dalam masalah skripsi ini adalah : 1) Apa jenis-jenis ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? 2) Apa faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? 3) Bagaimana cara guru PAI dalam mengatasi ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang ? . Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan jenis-jenis ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang. 2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang. 3) Untuk menjelaskan cara guru PAI dalam mengatasi ketidaktertiban siswa di MTs. Assyafi’iyah Gondang. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan manfaat dan sumbangan pemikiran bagi pelaksanaan pendidikan serta pembelajaran untuk semua pemangku kepentingan. Bagi para pembaca hasil penelitian ini dapat menambah wacana keilmuan terkait guru PAI dalam mengatasi ketidaktertiban siswa. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif yang langsung bersamaan dengan proses pengumpulan data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Perilaku melanggar tata tertib sekolah sering kali disebut juga perilaku tidak disiplin terhadap tata tertib sekolah. Melalui analisa data dapat disimpulkan bahwa : 1) Jenis-jenis ketidaktertiban siswa adalah terlambat datang ke sekolah, membolos saat jam pelajaran atau tidak masuk sekolah tanpa surat ijin, menggunakan hp saat jam pelajaran, melihat video porno, memukul teman sampai pingsan, mengolok-olok guru saat mengajar, merusak fasilitas sekolah, tidak memakai seragam atau atribut yang sesuai dengan aturan. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktertiban siswa adalah berangkat dari rumah siang, menunggu teman, nongkrong di tempat parkir menunggu bel masuk kelas, ikut-ikutan teman yang nakal, ketidaksukaan dengan mata pelajaran, kurangnya pengawasan dari orangtua maupun madrasah, belum bisa mengontrol diri dan emosi, tidak mau terkena hukuman, tidak menginginkan pengawasan dari sekolah, siswa yang lupa dan tidak beniat untuk mengikuti tata tertib. 3) Cara guru PAI dalam mengatasi ketidaktertiban siswa adalah memberikan teguran dan hukuman, bekerjasama dengan semua pihak, pemanggilan orang tua, melakukan pengawasan dan berkeliling ke setiap kelas, menyelesaikan masalah secara kekeluargaan, memberikan sanksi berupa permintaan maaf kepada guru dan membuat perjanjian tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133096 FICKHA AMIRUL MUKMININ
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:33
Last Modified: 19 Oct 2017 04:33
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6323

Actions (login required)

View Item View Item