Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ibadah Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Ma’arif SMP Islam Durenan Trenggalek.

Dimyati, Yusron (2014) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ibadah Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Ma’arif SMP Islam Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak ing.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: upaya, Pendidikan Agama Islam, meningkatkan ibadah Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi dimasyarakat, bahwasannya di kalangan para remaja maraknya pergaulan bebas tanpa memandang dari segi agama, semua itu dipastikan kurangnya pengetahuan tentang pendidikan, khususnya tentang pendidikan agama. Agama mengajarkan kita untuk patut beribadah kepada sang Pencipta dan menjauhi segala larangannya. Selain peran orang tua yang lebih penting lagi adalah peran guru, khususnya guru Agama Islam, yang mampu menumbuhkan dan memperkuat pendidikan agama seseorang. Selain itu juga dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek. Fokus masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek? 2) Bagaimanakah media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek? 3) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian dari skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek. 2) Untuk mengetahui media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk melihat xiv fenomena dan gejala yang ada sesuai dengan kenyataannya. Metode wawancara digunakan untuk menanyakan sesuatu terkait upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkat ibadah siswa. Dokumentasi sekolahan sebagai pembuktian atau penguat dari segala hasil metode observasi dan wawancara. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas, peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek adalah : (a) Konsep belajar mengajar harus dilandasi dengan niat ibadah. (b) Di dalam proses belajar mengajar harus saling memahami posisi guru sebagai seorang pendidik dan murid sebagai peserta didik. (c) Menanamkan keikhlasan dalam menjalankan ibadah dan melatih siswa dengan berpuasa sunnah. (d) Memberikan jadwal untuk kegiatan keagamaan, utamanya jadwal shalat. (e) Mengadakan pondok ramadhan pada saat bulan puasa. (f) Membiasakan siswa dalam melaksanakan ibadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah. 2) Media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek adalah (a) auditif. (b) visual. (c) audiovisual. 3) Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan ibadah peserta didik di SMP Islam Durenan Trenggalek adalah (a) faktor pendukungnya: sarana prasarana yang memadai serta para pendidik yang berkompeten. (b) faktor penghambatnya yaitu kesadaran dari diri siswa akan pentingnya ibadah, dan kurangnya pengawasan yang ketat dari pihak sekolah maupun orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2015 02:22
Last Modified: 06 Jan 2015 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item