IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL-KAHARIYAH SELOPURO BLITAR

BINTI LAILATUN NUR JANNAH, 2811133051 (2017) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL-KAHARIYAH SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Usmani dalam Belajar Membaca Al-Quran di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Binti Lailatun Nur Jannah, NIM 2811133051, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Metode Usmani, Belajar Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam belajar membaca Al-Quran sangat penting berguru langsung kepada orang yang ahli dan memiliki sanad sampai kepada Rasullah SAW. Sebab, kesalahan satu huruf dalam membaca Al-Quran dapat merubah arti. Sedangkan realita saat ini banyak ditemui masyarakat yang mampu membaca Al-Quran namun tidak mengetahui kaedah tajwid dengan benar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana deskripsi umum pembelajaran Al-Quran melalui metode usmani di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar? (2) Bagaimana implementasi metode usmani melalui pengajaran talaqqi di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar? (3) Bagaimana implementasi metode usmani melalui pengajaran musyafahah di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi umum pembelajaran Al-Quran melalui metode usmani di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar. (2) Mengetahui implementasi metode usmani melalui pengajaran talaqqi di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar. (3) Mengetahui implementasi metode usmani melalui pengajaran musyafahah di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melalukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, ketekunan pengamat dan ketekunan keikutsertaan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Deskripsi umum pembelajaran Al-Quran melalui metode usmani di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar diterapkan melalui pembelajaran siswa aktif atau individual yang terdiri dari sorogan dan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing siswa. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, dilaksanakan evaluasi setiap pertengahan jilid dan kenaikan jilid yang ditashih oleh kepala TPQ Al-Kahariyah, dan evaluasi Khotam Pendidikan Al-Quran dilaksanakan secara koordinir dari kantor pusat usmani Garum. (2) Implementasi metode usmani melalui pengajaran talaqqi di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar adalah peserta didik bertemu atau belajar langsung kepada guru yang memiliki sanad sampai kepada Rasulullah SAW tanpa melalui suatu perantara. (3) Implementasi metode usmani melalui pengajaran musyafahah di TPQ Al-Kahariyah Selopuro Blitar yaitu guru mengamati dan langsung membenarkan pelafalan makhorijul huruf siswa yang kurang tepat. Dalam metode musyafahah terdapat tiga tahapan pembelajaran yaitu musyafahah secara klasikal, musyafahah individual dan di akhiri musyafahah klasikal lagi untuk mereview materi yang telah diajarkan atau memberikan materi tambahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133051 Binti Lailatun Nur Jannah
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:00
Last Modified: 17 Oct 2017 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item