IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

SITI ROISATUL HAMIDAH, 2811133248 (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Roisatul Hamidah, NIM. 2811133248, Tahun 2017, Implementasi Kegiatan Ekstra kurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Elvi Muawanah, S. Ag, M. Pd. Kata kunci: Ekstra kurikuler Keagamaan, Prestasi Siswa Latar belakang penulis skripsi ini didasarkan pada pendidikan merupakan suatu sarana untuk mengarahkan dan meningkatkan daya berfikir serta mental manusia, sekolah juga merupakan suatu lembaga pendidikan yang bertujuan mempersiapkan anak yang berkualitas serta menginginkan siswanya selalu berprestasi baik dalam kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler, baik berprestasi dalam akademik dan non akademik. Oleh karena itu peneliti meneliti implementasi kegiatan ekstra kurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler tartil dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler qira’ah dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler shalawat dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Al Huda Bandung?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan ekstra kurikuler tartil, qira’ah dan shalawat dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Madrasah Tsanawiyah Al Hudan Bandung Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan ekstra kurikuler keagamaan dalam meningkatkan prestasi siswa yang dihadapi di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, bagi pembaca/peneliti sebagai suatu pengalaman yang dapat dijadikan sebagai salah satu acuan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya dan sebagai sumbangan pemikiran dari penelitian serta menjadi tambahan wawasan dan pengalaman yang berharga. Dalam penelitian ini menggunakan peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: (1) Jenis penelitian atau pendekatan kualitatif, (2) Sumber Data: narasumber dan data sekolah, (3) teknik Pengumpulan Data: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, (4) Teknik Analisis Data adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. (5) Pengecekan Keabsahan Data: ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) implementasi kegiatan ekstra kurikuler tartil yaitu dengan cara menerapkan metode an-nahdliyah, iqro’ dan ummi, dalam meningkatkan prestasi guru selalu mengikutkan setiap ada perlombaan dan prestasi yang mereka dapatkan meningkat terlihat dari piala yang mereka dapatkan cukup banyak, (2) implementasi kegiatan ekstra kurikuler qira’ah yaitu dengan menerapkan beberapa lagu untuk diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran seperti lagu tilawah dan ghoyah selain itu menerapkan lagu bayyati, shoba, hijjaz, nahwa, rosy, tawan, nawa, sika, dan jiharka, dalam segi prestasi, prestasi yang mereka dapatkan meningkat terlihat dari piala-piala yang mereka dapatkan cukup banyak yang mereka dapatkan dari mengikuti berbagai lomba, (3) implementasi kegiatan ekstra kurikuler shalawat yaitu dengan memberikan bimbingan dengan cara metode langsung, guru memberikan contoh secara langsung kemudian siswa menirukan seperti mencontohkan pukulan-pukulan dan vokal, dari segi prestasi, prestasi yang mereka dapatkan juga meningkat terbukti dari piala-piala yang mereka dapatkan cukup banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133248 SITI ROISATUL HAMIDAH
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:54
Last Modified: 13 Oct 2017 07:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6276

Actions (login required)

View Item View Item