PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016-2017

NGIFFA RIFNGATIN NAFISAH, 2811133196 (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016-2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (827kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Ngiffa Rifngatin Nafisah, NIM. 2811133196, 2017. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017”, Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I Kata kunci: Gaya Belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Latar belakang penelitian ini didasarkan pada sebuah teori dari Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning , yaitu : “gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah, dan dalam situasi antar pribadi. Dengan begitu gaya belajar akan mempengaruhi seseorang dalam menyerap dan mengolah informasi sehingga akan mempengaruhi prestasi yang dicapai” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (4) Adakah pengaruh gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama-sama siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung (4) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama-sama siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yang diambil taraf kesalahan 10 % dari 230 siswa yaitu 125 siswa kelas XI di SMAN 1 Tulungagung. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi pearson product moment dan teknik analisis Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0,280 hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut terdapat di interval nilai dari korelasi antara 0,200 – 0,399 dengan kekuatan hubungan menunjukkan rendah. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0,369 hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut terdapat di interval nilai dari korelasi antara 0,200 – 0,399 dengan kekuatan hubungan menunjukkan rendah. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0,385 hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut terdapat di interval nilai dari korelasi antara 0,200 – 0,399 dengan kekuatan hubungan menunjukkan rendah. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama-sama siswa kelas XI terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung yang dibuktikan dengan F hitung sebesar 12,260. Hal ini menunjukkan Fhitung (12,260) > Ftabel (1,77) .Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif dan simultan antara gaya belajar visual gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133196 NGIFFA RIFNGATIN NAFISAH
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:05
Last Modified: 10 Oct 2017 07:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item