PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR BUDAYA, DAN FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH JASA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Baitul Maal wat Tamwil Berkah Trenggalek)

ANA KUSUMA WARDANI, 2823133009 (2017) PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR BUDAYA, DAN FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH JASA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus Baitul Maal wat Tamwil Berkah Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Faktor Sosial, Faktor Budaya Dan Faktor Kepribadian Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus Baitul Mal Wat Tamwil Berkah Trenggalek)” ini di tulis oleh Ana Kusuma Wardani, 2823133009, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung di bimbing oleh bu Dr.Nur Aini Latifah, SE.,MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh faktor sosial, budaya dan kepribadian terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah trenggalek. Faktor sosial, budaya dan kepribadian merupakan faktor interen dalam diri konsumen. Yang berkaitan erat dengan tingkah laku konsep diri, gaya hidup dan nilai pembeli. Karena banyak karakteristik ini memiliki dampak yang sangat langsung pada perilaku konsumen yang akan mempengaruhi tindakannya seperti keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek. Sehingga kepribadian sangat sangat berkaitan dengan keputusan memilih barang atau jasa, jadi apabila gaya hidup baik maka dapat menumbuhkan sosial dan budaya masayarakat untuk memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek? (2) Apakah faktor budaya berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek? (3) Apakah faktor kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek? (4) Apakah faktor sosial, faktor budaya dan faktor kepribadian secara bersama-sama mempengaruhi pengambilan keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti hubungan pengaruh variabel faktor sosial, faktor budaya dan faktor kepribadian terhadap keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah di BMT Berkah Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket sebagai data primer dengan jumlah 48 responden. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keputusan nasabah memilih sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara statistik antara faktor sosial. (2) pada variabel faktor budaya menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh siginifikan secara statistik. (3) serta pada variabel faktor kepribadian terdapat pengaruh positif dan signifikan secara statistik. (4) begitu juga dengan pengaruh faktor sosial, faktor budaya dan faktor kepribadian secara bersama-sama berpengaruh signifikan statistik terhadap keputusan nasabah memilih jasa keuangan syariah. Kata Kunci: Sosial, Budaya, Kepribadian, Keputusan Nasabah Memilih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133009 ANA KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:58
Last Modified: 04 Oct 2017 03:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6212

Actions (login required)

View Item View Item