IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

YUDI SETYAWAN, 2811133281 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Aqidah akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Yudi Setyawan, NIM. 2811133281, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen kelas, Pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan pendidikan, yang berkaitan dengan pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Karenanya, manajemen kelas memegang peranan yang sangat menentukan dalam proses belajar mengajar. Dalam manajemen kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar. Guru harus senantiasa memperhtikan dan menciptakan suasana kondusif dan efekif di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Manajemen Kelas dalam meningkatkan efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Apa faktor penghambat dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Implementasi Manajemen Kelas dalam meningkatkan efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung (3) Untuk mengetahui solusi untuk mgengatasi hambatan dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis semua data lapangan kemudian membuat kesipulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung adalah: (a) Perencanaan manajemen kelas dalam proses pembelajaran yang terdiri dari menyusun instrument-instrumen pembelajaran (kalender pendidikan, program tahunan, program semester, menyusun silabus dan RPP); (b) Pelaksanaan manajemen kelas dalam proses pembelajaran, yaitu: melakukan tindakan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan manajemen kelas (seperti: memotivasi siswa agar konsesntrasi pada saat pembelajaran, mengkondisikan siswa agar siap belajar, dan memberikan stimulus kepada siswa), mengkondisikan iklim/ suasana kelas (seperti: penataan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, pemilihan metode pembelajaran yang tepat, penggunaan media yang tepat, dan pola interaksi); (c) Kegiatan akhir manajemen kelas dalam pembelajaran yaitu melakukan evaluasi pembelajaran, evaluasi yang dilakukan yaitu dengan memberi soal kepada peserta didik (tertulis), dan juga tes secara lisan. (2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung, yaitu: adanya siswa yang kurang disiplin dalam mengerjakan tugas, adanya siswa yang kurang konsentrasi dalam belajar, adanya siswa yang kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung, adanya beberapa siswa yang ramai sendiri saat pembelajaran. (3) solusi guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Manajemen Kelas di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung, yaitu dengan cara menasehati siswa, memotivasi siswa, memindahkan tempat duduk siswa, mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran, belajar berkonsentrasi, mengkondisikan siswa untuk siap belajar di kelas, menggunakan media pembelajaran sesuai dengan materi yang di ajarkan, menggunakan metode yang tepat dan bervariasi, pemberian contoh yang baik kepada siswa dan disiplin kelas. Untuk pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan personal dan pendekatan hati.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133281 YUDI SETYAWAN
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:23
Last Modified: 20 Nov 2017 03:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item