UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG

PUJI UTAMI, 2811123187 (2017) UPAYA PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Puji Utami, NIM. 2811123187 dengan judul “Upaya Pengembangan Kurikulum dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Muhammad Jazeri M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi karena berbagai peristiwa kenalan remaja yang sering terjadi saat ini, berbagai aksi yang dilakukan oleh remaja saat ini salah satunya karena kurangnya pembinaan dalam sisi religius dengan berbagai faktor yang salah satunya dipengaruhi kurangnya pembinaan orang tua dikarenakan orang tua yang menjadi buruh migran, dalam hal ini karakter religius yang dibentuk kurang adanya pembinaan yang akhirnya menimbulkan penyimpangan sosial yang terjadi pada kalangan remaja. Maka dengan adanya pendidikan formal terutama yang berbasis keagamaan, maka diharapkan pembinaan karakter religius dapat dilakukan yang mana salah satunya dengan melalui pengembangan kurikulum, karena memang kurikulum berperan penting dalam suatu pendidikan formal. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum dalam membina karakter Religius Peserta didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum dalam membina karakter religius peserta didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung ? (3) Bagaiamana Evaluasi Pengembangan Kurikulum dalam membina Karakter Religius Peserta didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum, pelaksanaan pengembangan kurikulum, dan evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Negeri Bandung Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar nantinya. Bagi pendidik hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman pengajaran dalam rangka membantu waka kurikulum dalam mengembangkan kurikulum dan bagi guru untuk membina karakter religius peserta didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung, bagi lembaga digunakan sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang objek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan masalah secara terbuka di MTs Negeri Bandung Tulungagung, sedang dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data – data dengan jalan menyelidiki dokumen – dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat utnutk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapatkan informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi objek yang diteliti dengan benar. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, akhirnya dapat disimpulkan bahwa : (1) pengembangan kurikulum memang penting dalam membina karakter religius peserta didik, disamping peran guru mata pelajaran sendiri juga harus menyisipkan unsur religius dalam setiap pembelajaran. Disamping itu karena MTs Negeri bandung merupakan Madrasah dibawah naungan DEPAG dan LPA yang harus mengedepankan karakter religius,perencanaan pengembangan kurikulum di MTsN Bandung ada beberapa hal, yakni : mengupayakan membiasakan puasa senin kamis, kegiatan PHBI, Qataman Al-Qur’an, shalat jama’ah, shalat dhuha. (2) Dalam pelaksanaan pembinaan karakter Religius melalui pengembangan kurikulum dengan berbagai bentuk, seperti membiasakan sholat dhuha dan sholat berjama’ah dhuhur dan ashar bagi kelas Unggulan, kemudian juga ada qataman al – qur’an dan lain – lain. Selain itu juga ada beberapa macam lainnya terlaksana dengan baik. Dalam proses pengembangan kurikulum untuk membina karakter religius peserta didik di MTs Negeri Bandung Tulungagung, menjumpai berbagai tantangan yang mana perencanaan yang dilakukan terkadang belum sampai pada pelaksaan. (3)dengan evaluasi untuk dilakukan pada tahun ajaran yang akan datang (membiasakan puasa senin kamis untuk semua warga MTsN Bandung). Maka dari itu segala upaya untuk merencanakan pengembangkan kurikulum, melaksanakan pengembangan kurikulum dan evaluasi pengembangan kurikulum perlu dilakukan dalam membina karakter religius peserta didik MTs Negeri Bandung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123187 PUJI UTAMI
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:29
Last Modified: 18 Sep 2017 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item