PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS II B MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DENIK MAISAROH, 2817133026 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS II B MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas II B MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Denik Maisaroh, NIM 2817133026, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Make A Match, Minat dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran fiqih di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung yang menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran fiqih, sehingga minat dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan minat belajar Fiqih materi shalat fardhu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas II B MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran fiqih materi shalat fardhu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas II B MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Jenis yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan (planning), melaksanakan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecsion). Sasaran penelitian ini MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung peserta didik kelas II B, dengan jumlah peserta didik 21. Teknik dalam pengumpulan data antara lain: tes, Observasi, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon peserta didik pada siklus I dengan rata-rata keseluruhan 1,68 dengan kriteria positif dan pada siklus II meningkat menjadi 1,78 kriteria sangat positif. (2) hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari tes awal nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 48,57 dengan prosentase ketuntasan 14,28%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 79,52 dengan prosentase ketuntasan 66,67% dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86,20 dengan prosentase ketuntasan 80,95%. Hasil belajar afektif peserta didik juga terjadi peningkatan . Hal ini dapat dilihat dari hasil obseravsi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I dengan prosentase rata-rata 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,15%. Kemudian juga terjadi peningkatan hasil belajar psikomotorik peserta didik yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I dengan prosentase rata-rata 76,73% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih peserta didik kelas II B MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133026 DENIK MAISAROH
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:46
Last Modified: 14 Sep 2017 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item