PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENTINGYA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP POLA PIKIR MOTIVASI DAN PERILAKU SOSIAL DI MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

CHUSNUL CHOTIMAH, 2817133022 (2017) PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENTINGYA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP POLA PIKIR MOTIVASI DAN PERILAKU SOSIAL DI MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 .pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 .pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 .pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 .pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Persepsi Peserta Didik Tentang Pentingnya Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Pola Pikir, Motivasi, dan Perilaku Sosial Di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Chusnul Chotimah, NIM. 2817133022, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bombing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd.,MM. Kata kunci : Facebook, Pola Pikir, Motivasi, Perilaku Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan beragamnya media sosial yang ditawarkan khususnya facebook. Yang bisa dibuat dan dimiliki oleh siapa saja tak terkecuali peserta didik usia sekolah dasar. Dalam menghadapi hal tersebut seorang guru sebagai wali di sekolah berupaya untuk semaksimal mungkin bisa memberikan himbauan kepada peserta didik yang belum memiliki account facebook untuk tidak menggunakannya terlebih dahulu tanpa ada pengawasan dari orang tua. Bagi yang sudah terlanjur memiliki account facebook diharapkan tidak digunakan secara berlebihan . Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap pola pikir di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? (2) bagaimana persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap motivasi peserta didik di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? (3) bagaimanakah persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku sosial dengan teman sebaya peserta didik di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap pola pikir di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. (2) untuk memaparkan persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap motivasi peserta didik di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. (3) untuk memaparkan persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku sosial dengan teman sebaya peserta didik di MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru kelas dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Dalam menanggapi masalah persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap pola pikir sebagian peserta didik di MIN Pandansari setuju kalau facebook menjadi salah satu faktor yang membuatnya tidak bisa fokus belajar. Sedangkan sebagian peserta didik lainnya tidak setuju dengan alasan bahwa facebook bisa membuatnya semakin giat belajar dengan memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru dari facebook. (2)Terkait dengan persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap motivasi, facebook bukan sesuatu hal yang penting karena mayoritas peserta didik di MIN Pandansari masih memiliki motivasi belajar dari orang tuanya. (3)Terkait persepsi peserta didik tentang pentingnya penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku sosial dengan teman sebaya, mayoritas peserta didik di MIN Pandansari menganggap tidak terlalu penting untuk memiliki account facebook dalam bersosialisasi dengan teman sebaya karena mereka menganggap bahwa teman bisa didapat darimana saja bukan dari media sosial facebook saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133022 CHUSNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:07
Last Modified: 14 Sep 2017 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item