Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung

Mu’adah, Binti (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL(2).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN(3).pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(2).pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(2).pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(2).pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV(2).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V(2).pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosi dalam mencapai puncak prestasi dan membentuk kemandirian belajar seseorang, Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak serta tidak merasa bergantung pada orang lain. Maka siswa mempunyai kontrol yang menyeluruh terhadap seluruh keputusan dalam hal dimana siswa belajar, kapan dan berapa lama siswa belajar, perlu tidaknya bantuan orang lain dan dalam membuat suatu keputusan kemandirian belajar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? 2. Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? 3. Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam membina hubungan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? 4. Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. 2. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam memotivasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. 3. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam membina hubungan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. 4. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, sebagai wujud keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh IAIN Tulungagung serta untuk menambah literature di bidang pendidikan terutama yang bersangkutan dengan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa. Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol, sebagai masukan untuk menerapkan metode yang tepat sesuai dengan tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan kemandirian belajar. Bagi siswa dapat dijadikan sebagai acuan xvii untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional sehingga mereka dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya untuk meningkatkan kemandirian belajar.Bagi orang tua siswa dalam hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dalam mengembangkan strategi yang dimaksudkan untuk mendampingi belajar anak, terutama ketika member bimbingan yang dapat meningkatkan kemandirian belajar. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi bagi peneliti agar dapat meningkatkan rancangan penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi: Siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 233 siswa. Sampling : Stratified Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan Slovin. Sampel : 69 siswa. Variabel bebas: Kecerdasan emosional. Variabel terikat: Kemandirian belajar siswa. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian : 1.Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional dalam mengelola emosi terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. 2. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional dalam memotivasi diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional dalam membina hubungan terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung.4. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Oct 2014 04:38
Last Modified: 07 Oct 2014 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item