IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA MINIMARKET BERKAH MANDIRI DAN MINIMARKET PUTRI CAHAYA DI KEDIRI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

MU’ALIFAH, 1758154010 (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA MINIMARKET BERKAH MANDIRI DAN MINIMARKET PUTRI CAHAYA DI KEDIRI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi strategi marketing mix pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya Perspektif Etika Bisnis Islam di Kediri” ini ditulis oleh Mu’alifah dengan dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE, MM. dan Dr. H.A. Hasyim Nawawie, MSi, MHI, MM. Kata Kunci: Strategi marketing mix, etika bisnis Islam. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan bisnis diperlukan strategi pemasaran yang tepat karena salah satu aspek yang sangat penting bagi para pelaku bisnis adalah aspek etika, bisnis yang ideal dalam Islam, merupakan bisnis yang mampu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban, mampu menciptakan rasa keadilan dan memenuhi tuntutan kebajikan dan keluhuran budi. Oleh karena itu, pebisnis muslim harus tunduk kepada aksioma (nilai dasar) etika bisnis Islami yang mencakup tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggungjawab, dan kebenaran. Untuk itu perlu adanya implementasi strategi marketing mix yang sesuai dengan etika bisnis Islam pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya di Kediri. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi strategi product (produk) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Minimarket Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (2) Bagaimanakah implementasi strategi price (harga) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (3) Bagaimanakah implementasi strategi promotions (promosi) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (4) Bagaimanakah implementasi strategi place (tempat atau distribusi) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (5) Bagaimanakah implementasi strategi process (proses) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (6) Bagaimanakah implementasi strategi people (orang) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? (7) Bagaimanakah implementasi strategi phisical evidence (sarana fisik) pada Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya perspektif etika bisnis Islam? Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi strategi product (produk) perspektif etika bisnis Islam yang dilakukan oleh Minimarket Berkah Mandiri dan Minimarket Putri Cahaya ini sesuai dengan etika bisnis Islam dalam konteks produk yang diterapkan di Minimarket Berkah Mandiri yaitu Produk yang diperjual belikan merupakan produk yang halal dan thoyyib, sementara perbedaan strategi produk terletak pada pengembangan produk, untuk produk yang dijual Mini Market Berkah Mandiri lebih lengkap tidak hanya produk keperluan rumah tangga tetapi juga menyediakan produk barang pecah belah, peralatan dapur, sedangkan di Minimarket Putri Cahaya hanya menyediakan produk kebutuhan rumah tangga. Minimarket Berkah Mandiri mengedepankan kejujuran dalam upaya perusahaan untuk tidak melakukan penipuan (tadlis), kualitas barang produk yang ditawarkan memiliki kejelasan barang, kejelasan ukuran atau takaran, kejelasan komposisi, tidak rusak atau kadaluarsa dan menggunakan bahan yang baik, produk yang diperjual-belikan adalah produk yang halal dan dalam promosi maupun iklan tidak melakukan kebohongan. (2) implementasi strategi price (harga) perspektif etika bisnis Islam yaitu Minimarket Berkah Mandiri mencoba menggunakan harga khusus member dan umum ini disebabkan karena mayoritas mitranya merupakan para pelaku usaha kecil dan menengah yang membeli dengan harga Grosir, misalnya di daerah sekitar, Minimarket Putri Cahaya menyesuaikan harga produk dengan harga pasar karena dengan menyesuaikan harga produk dengan harga pasar membuat produk yang dijual di mini market tetap dapat bersaing dengan harga pasar, etika bisnis Islam yang diterapkan ialah dengan menetapkan harga wajar. (3) Implementasi strategi promotions (promosi) perspektif etika bisnis Islam Mini Market Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya menggunakan strategi promosi dari mulut ke mulut, menggunakan media promosi melalui reklame yang dipasang di dekat area pasar serta promosi dilakukan secara transparan dan terbuka sehingga tidak ada potensi unsur penipuan dan kecurangan dalam melakukan promosi. (4) Implementasi strategi place (tempat atau distribusi) perspektif etika bisnis Islam Minimarket Berkah Mandiri dan Minimarket Putri Cahaya tidak jauh berbeda yaitu dengan menerapkan standar pendisplay-an yang menarik dan lokasi yang strategis sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan, dan sering mengurangi biaya distribusi, etika bisnis yang diterapkan ialah dengan mengutamakan tempat-tempat yang sesuai dengan target market, sehingga dapat efektif dan efisien dalam memasarkan produk kepada masyarakat secara menyeluruh terutama sasaranya utamanya masyarakat muslim. (5) Implementasi strategi process (proses) perspektif etika bisnis Islam Minimarket Berkah Mandiri dan Mini Market Putri Cahaya sangat bergantung pada proses pelayanan kepada konsumen Biasakan layani konsumen dengan memberikan ucapana salam atau selamat datang atau 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias) serta menggutamakan sasaran konsumen yang dituju dan keingginan dari persepsi konsumen sehingga dapat melakukan pelayanan yang terbaik dengan tetap menggunakan etika bisnis Islam yang berlaku secara umum. (6) Implementasi strategi people (orang) perspektif etika bisnis Islam Minimarket menggunakan strategi pelayanan yang menyenangkan sopan, ramah dan bersahaja selain itu pakaian atau seragam yang digunakan sopan dan bagi karyawan laki-laki berpakaian rapi dan karyawan perempuan menggunakan hijab sehingga dalam setiap aktivitas pelayanan tercipta suasana pelayanan yang menyenangkan dan nyaman karena mayoritas kosumen merupakan konsumen muslim dengan mengedeankan etika bisnis Islam yang utama. (7) Implementasi strategi phisical evidence (sarana fisik) perspektif etika bisnis Islam di mini market ini hampir sama yaitu menggunakan strategi pelayanan yang memuaskan seperti tempat parkir, interior pencahayaan yang terang dan menyenangkan sehingga membuat pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan ini sesuai dengan prinsip dalam bisnis syari’ah yang slalu menggutamakan kebersihan dan kenyaman yang pada akhirya akan mendapatkan kepuasan konsumen tentunya juga akan mencapai keberkahan dalam menjalankan usaha.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: MU’ALIFAH -
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:46
Last Modified: 19 Sep 2018 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item